dc.description.abstract | ABSTRAK
Nita Fihalifah, “Kecakapan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Optimalisasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Sekolah Dasar Islam Terpadu Cordova Samarinda.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, penelitian ini di bimbing oleh Bapak Drs. H. M Said Husin, M.A sebagai pembimbing pertama dan Ibu Anggie Nadia Dinihari, M.Pd sebagai dosen pembimbing kedua.
Dalam dunia Pendidikan Agama Islam (PAI), kehadiran teknologi.informasi.sebagai media pembelajaran,menjadi sangat penting, terutama.dalam meningkatkan.efektivitas proses.pembelajaran. Teknologi informasi juga dapat membantu siswa lebih mudah memahami materi yang dipelajari dan juga teknologi informasi sangat.memudahkan dalam kehidupan manusia. Faktanya tidak semua guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki kecakapan primer dalam mengolah.teknologi informasi.semisal komputer, internet dan sejenisnya menjadi sarana.dan media.pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) termasuk guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDIT Cordova Samarinda. Oleh karena itu peneliti ingin menulis kecakapan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam optimalisasi pembelajaran berbasis teknologi informasi serta apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kecakapan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam optimalisasi pembelajaran berbasis teknologi informasi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan penelitian deskriptif kualitatif lapagan. Sumber data pada penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakil kepala kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam (PAI) serta siswa kelas V di Sekoah Dasar Islam Terpadu Cordova Samarinda. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji keabsahan terhadap data hasil penelitian dengan menggunakan teknik triangulasi sumber data. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecakapan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam optimalisasi pembelajaran berbasis teknologi informasi yaitu guru mampu mengelola pembelajaran siswa dengan pembelajaran berbasis teknologi informasi, guru memiliki karakteristik kepribadian, guru mampu berinteraksi dengan siswa dalam menyampaikan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan guru mampu menguasai bahan yang harus diajarkan beserta metodenya dalam pembelajaran berbasis teknologi infromasi. Adapun faktor yang mempengaruhi kecakapan guru Pendidkan Agama Islam (PAI) yaitu sarana dan prasarana pembelajaran, kecakapan dalam pemanfaatan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan seberapa sering guru mengikuti kegiatan pelatihan mengenai pembelajaran berbasis teknologi infromasi. | en_US |