Peningkatan Kreativitas Melalui Kegiatan Bermain Finger Painting Pada Anak Kelompok B di TK A Sidiq Loa Janan
Abstract
Hesty Rochmah Surisma, 2018 “ Peningkatan Kreativitas Melalui Kegiatan Bermain Finger Painting Pada Anak Kelompok B di TK A Sidiq Loa Janan, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini FakultasTarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibawah bimbingan Dr. Zamroni, M.Pd dan Amalia Nur Aini, M.Pd.
Latar Belakang penelitian ini adalah kreativitas anak dianggap penting dalam setiap pembelajaran, menunjukkan bahwa rendahnya kreativitas (melukis) terhadap pembelajaran yang berlangsung disebabkan karena media dan metode yang digunakan masih kurang tepat atau tidak menggunakan alat peraga sehingga pembelajaran tidak bervariasi dan menarik, anak merasa bosan dan jenuh dalam belajar. Salah satu media tersebut adalah bermain finger painting yaitu cara menyajikan materi pelajaran dengan cara bermain finger painting dimana guru memberikan contoh melukis dengan jari. Bermain finger painting telah diterapkan di sekolah TK A Sidiq Loa Janan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kreativitas melalui kegiatan bermain finger painting.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) lokasi penelitian ini di TK A Sidiq Loa Janan. Berlokasi di Desa Purwajaya Jalan Pembangunan Rt. 14. Subyek penelitian ini adalah siswa TK A Sidiq yang berjumlah 15 anak, terdiri dari 7 anak dan 8 anak perempuan, subyek penelitian ini dilihat dari kreativitas, yakni sangat baik, baik, cukup dan kurang. Pada setiap siklusnya terdiri dari perencanaan (planning), Pelaksanaan (action), Pengumpulan data (observing), refleksi (reflecting). Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas, metode pengumpulan data meningkatkan kreativitas dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan bermain finger painting. Sebelum dilakukan tindakan mencapai 15%, masuk kategori baik dalam finger painting, setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan permainan finger painting, kreativitas anak menunjukkan peningkatan yakni pada siklus I mencapai 24% masuk kategori baik dalam bermain finger painting dan siklus II 70% masuk kategori baik dalam bermain finger painting. Kesimpulan penelitian ini adalah kegiatan bermain finger painting dapat meningkatkan kreativitas anak pada kelompok B di TK A Sidiq Loa Janan.