Show simple item record

dc.contributor.authorM, Maisyarah,
dc.date.accessioned2022-12-14T00:51:17Z
dc.date.available2022-12-14T00:51:17Z
dc.date.issued2022-09-19
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2220
dc.description.abstractABSTRAK Maisyarah, M. 2022. “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Fiqih Di Madrasah Aliyah Al-Mujahidin Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Gianto, M.Pd.I selaku pembimbing I dan Ibu Maulida Ulfa Hidayah M.Pd selaku pembimbing II. Skripsi ini dilatar belakangi bahwa seorang guru yang memiliki kompetensi profesional disyaratkan memiliki kemampuan penguasaan terhadap bahan ajar, mengelola kelas dan mengelola interaksi belajar mengajar serta menilai hasil belajar siswa. Dengan demikian kompetensi profesional guru sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Al-Mujahidin Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif, populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X dan XI yang ada di MA Al-Mujahidin Samarinda yang berjumlah keseluruhan 88 siswa dan penelitian ini menjadi penelitian populasi. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket, dokumentasi, wawancara dan observasi adapun teknik analisis data menggunakan Uji Korelasi Product Moment, dan Uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Al-Mujahidin Samarinda tahun pelajaran 2021/2022 diperoleh r-hitung 0,274. Hasil r-hitung lebih besar dari r-tabel. Maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh antara kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MA Al-Mujahidin Samarinda. Dari perhitungan Koefisien determinasi atau pengaruhnya sebesar 7,5% dan sisanya 92,5% dipengaruhi oleh variable lain. Pada perhitungan uji-t diperoleh t-hitung . Sedangkan t-tabel pada taraf significance 0,05 dengan populasi 88 adalah 1,66. Nampak bahwa t-hitung lebih besar daripada t-tabel. Berdasarkan uji-t = t-hitung > t-tabel maka Ha diterima, Ho ditolak. Dan apabila t-hitung<t-tabel maka Ha ditolak, Ho di terima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 2,6379 antara kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MA Al-Mujahidin Samarinda.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectKompetensi Profesional, Guru,Hasil Belajar, Siswaen_US
dc.titlePengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Fiqih Di Madrasah Aliyah Al-Mujahidin Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record