Studi Gaya Belajar Visual, Auditori dan Kinestetik Dalam Menghafal Doa Sehari-hari Anak TK Islam Al-Ma’ruf Samarinda
Abstract
Noor Sehan.2018 “ Studi Gaya Belajar Visual, Auditori dan Kinestetik Dalam Menghafal Doa Sehari-hari Anak TK Islam Al-Ma’ruf Samarinda .Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda “. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Ity Rukiyah , M.si dan Lina Revilla Malik, M.Si.
Latar belakang penelitian ini adalah : Tertarik dengan gaya belajar yang beragam yang unik anak TK Islam Al-Ma’ruf dalam menghafal doa sehari-hari
Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui bagaimana gaya belajar visual, auditori dan kinestetik dalam menghafal doa sehari-hari Anak TK Islam Al-M’ruf Samarinda.
Telah mengungkapkan berbagai hal dilapangan peneliti memperoleh data melalui metode pengumpulan data Field research (penelitian lapangan) yaitu suatu sistem pengumpulan data dengan cara langsung mengadakan penelitian di lapangan tempat peneliti mengadakan penelitian.Untuk memperoleh data yang objektif serta empiris dengan menggunakan teknis wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak-anak di TK Islam Al-Ma’ruf cara belajar mereka dalam menghafal doa sehari-hari beragam dan tidak sama, Anak visual menghafal doa lebih suka melihat ekspresi guru, anak auditori suka mendengar guru sedangkan kinestetik menghafal doa sambil bergerak jenis gaya ini mereka melihat dan mendengar tetapi gaya ini bukan pendengar yang baik.
Dari gaya belajar yang beragam anak TK Islam Al-Ma’ruf Samarinda dalam menghafal doa sehari-hari meskipun tidak sama caranya tetapi tidak menjadi suatu hal yg sulit dalam menghafal doa walaupun setiap gaya memiliki ciri khas tertentu yang menjadi dasar. Masing-masing anak dapat menghafal doa dengan baik walaupun ada yang cepat, lambat dan sedang.