Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran di SMA Negeri 17 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Nur Sahidah. 2022: Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran di SMA Negeri 17 Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idri Samarinda. Yang dibimbing oleh Dr. Khojir, M.SI selaku pembimbing I dan Imroh atul Musfirah, M.Pd.I selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan nyata dilapangan yang terjadi di SMA Negeri 17 Samarinda, banyaknya siswa yang tidak terlalu lancer dalam membaca Alquran, di sebabkan karena kurangnya strategi pengajaran yang ada pada guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 17 Samarinda, keterbatasan sarana dan prasarana, dan kurang perhatiannya orang tua dalam belajar pada anak. Penelitian ini bertujuan(1)untuk mendeskripsikan bagaimana upaya mengoptimalkan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran (2)menganalisis hambatan yang di hadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran.
Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif, memaparkan hasil temuan di lapangan sesuai data, dengan apa adanya. Sumber data primer yaitu guru Pendidikan Agama Islam, kepala sekolah, waka kurikulum, dan siswa, sumber data sekunder yaitu data profil sekolah, program belajar, dan buku pembelajaran tajwid. Teknik pengumpulan data, wawancara, observasi, dan dokumentasi, Teknik analisis data, pengumpulan data, kondensasi data, serta pengambilan kesimpulan, untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa,1) pengoptimalan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatakan kemampuan membaca Alquran 1. dengan mengadakan In house traning, KKG untuk pemberdayaan sumber belajar agar menambah profesionalitas guru, peran yang di optimalisasikan yaitu peran guru pendidikan Agama Islam sebagai sumber pengajaran,2. Mengevaluasi program belajar. 2) hambatan dalam mengoptimalkan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatakan kemampuan membaca Alquran yaitu keterbatasan sarana dan prasarana, kurangnya strategi pengajaran, dan kurangnya perhatian orang tua dalam peningkatan membaca Alquran. Faktor pendukung seperti memberikan reward kepada Guru Pendidikan Agama Islam, dan memberikan ruangan khusus praktek membaca Alquran, serta melengkapi bahan ajar yang berkaitan dengan pembelajaran membaca Alquran.