dc.description.abstract | ABSTRAK
Hesti Amelia, 2022. “Implementasi Pendidikan Karakter Religius Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Bagi Siswa SMA Negeri 1 Sebulu Kutai Kartanegara”. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Muchammad Eka Mahmud, M.Ag selaku dosen pembimbing I dan Ibu Imroh Atul Musfiroh, M.Pd.I selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terdapatnya kesenjangan mengenai akhlak siswa SMA Negeri 1 Sebulu dilihiat dari catatan guru BK, seperti halnya siswa berbicara dengan menggunakan kata atau kalimat yang tidak pantas, tidak taat pada peraturan sekolah, kedapatan merokok di sekolah, tidak mengerjakan atau mengumpulkan tugas, tidak berpakaian rapi, tidak sopan saat berada didalam kelas, bolos dan masih ada beberapa kejanggalan lain yang dilakukan oleh beberapa siswa di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter religius serta yang menjadi faktor pendukung dan penghambat pada pengimplementasian karakter religius di SMA Negeri 1 Sebulu.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Guru PAI, Guru BK dan Perwakilan Siswa. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui perbandingan beberapa sumber, triangulasi metode dan ketekunan pengamatan. Analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian ini terdapat implementasi pendidikan karakter religius di sekolah ini yang dilakukan dengan beberapa program yang sudah dirancang oleh pihak sekolah yang terdiri dari beberapa kegiatan keagamaan seperti pembiasaan sholat Dzuhur berjama’ah, bersedekah dan infaq, mengadakan ekstrakurikuler keagamaan, merayakan hari-hari besar Islam, pembiasaan bertegur sapa dan kegiatan pesantren Ramadhan. Faktor yang mendukung implementasi pendidikan karakter religius siswa yaitu adanya kontrol dari kepala sekolah, memiliki fasilitas yang memadai, dukungan dan kerjasama antar semua guru disekolah serta adanya peran dari ulama dan kyai. Faktor yang menghambat meliputi diri siswa itu sendiri (malas, acuh tak acuh, dsb), pengaruh luar seperti lingkungan masyarakat dan budaya asing serta kurangnya partisipasi dari keluarga dalam menerapkan karakter religius. | en_US |