Show simple item record

dc.contributor.authorAziz, Dessi Fatmawati
dc.date.accessioned2022-12-15T01:26:21Z
dc.date.available2022-12-15T01:26:21Z
dc.date.issued2022-07-15
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2240
dc.description.abstractABSTRAK Dessi Fatmawati Aziz, 2022. “Kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembiasaan Beribadah Pada Siswa di SMPN 3 Tenggarong”. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. H. M. Said Husin, M.A selaku pembimbing I dan Ibu Rumainur, M. Pd.I selaku pembimbing II. Latar belakang dalam penelitian ini adalah terdapat beberapa siswa yang belum memahami arti pentingnya beribadah. Keberadaan teknologi informasi, seperti hp, mempengaruhi sikap keberagamaan siswa sehingga sebagian siswa cenderung mengabaikan akan pentingnya kewajiban dalam beribadah. Dalam hal ini guru pendidikan agama Islam memiliki peranan dan tanggung jawab yang besar terhadap terciptanya sikap keberagamaan yang baik dikelas. Sebagian siswa di SMPN 3 Tenggarong masih cenderung memperbaiki kewajiban beribadah. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi guru pendidikan agama Islam dalam pembiasaan beribadah pada siswa serta factor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam dalam pembiasaan beribadah pada siswa di SMPN 3 Tenggarong. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam, kepala sekolah dan siswa. Pemeriksaan keabsahan data melalui teknik observasi dan teknik triangulasi data yang digunakan untuk memastikan data yang diperoleh adalah valid dan asli. Serta analisis data yang digunakan untuk menjawab hasil data yang dilakukan penelitian yaitu menggunakan konsendasi data yang merupakan proses pemilihan dan penyederhanaan cara yang dilakukan dengan mengambil inti dari proses pernyataan yang diringkas dan di sederhanakan. Penyajian data dilakukan dengan memahami suatu teks dengan naratif yang digunakan untuk merencanakan lebih lanjut dan melakukan penarikan kesimpulan yakni dengan memeriksa kembali data yang diperoleh agar tidak terjadi kesalahan Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kontribusi yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dengan mengajar dan mendidik akan pentingnya menghidupkan kegiatan sholat dhuha, mengayomi dan mendampingi siswanya untuk menanamkan pentingnya membaca Qur‟an, melatih pentingnya bersedekah, memberikan contoh serta melakukan pengawasan dan mengontrol penerapan Budaya 5S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun). Faktor pendukung dalam pembiasaan beribadah disekolah yaitu: adanya dukungan penuh dan motivasi dari kepala sekolah, adanya sarana prasarana ibadah, pengelolaan program keagamaan yang cukup terkoordinir dan antusias dan semangat dari guru PAI dalam menjalankan program keagamaan di sekolah. Adapun faktor penghambatnya yakni faktor lingkungan siswa yang terpengaruh teknologi dan kurangnya kerjasama yang baik dari guru pendidikan agama Islam dan orang tua siswa dalam memotivasi anak-anaknya dalam pelaksanaan kegiatan beribadah di sekolah.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectKontribusi, Guru, Pendidikan Agama Islam, Pembiasaan Beribadahen_US
dc.titleKontribusi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembiasaan Beribadah Pada Siswa di SMPN 3 Tenggarongen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record