Show simple item record

dc.contributor.authorPermadi, Andi
dc.date.accessioned2022-12-19T01:41:33Z
dc.date.available2022-12-19T01:41:33Z
dc.date.issued2022-09-27
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2247
dc.description.abstractABSTARK Andi Permadi, 2022. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak di MTs Labbaika Samarinda”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Islam Negeri (UIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Fathul Jannah, M.S.I selaku pembimbing I dan Ibu Imroh Atul Musfiroh, M.Pd. selaku pembimbing II. Dalam mengasuh anak orang tua pasti menggunakan pola asuh yang berbeda-beda dalam mengasuh anaknya menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar anak, dimulai dari dari pendidikan, ekonomi, dan ketersediaan orang tua setiap saat di rumahnya sendiri. Dalam 2 tahun kebelakang, bahwa terlihat masih kurang ada dari segi sikap ataupun tutur kata kepada masyarakat di luar lingkungan sekolah. Namun terjadi perubahan semenjak melonjaknya kasus virus corona yang menyebabkan pembelajaran dilakukan secara online. Peningkatan tersebut pastinya tidak luput dari peran orang tua dalam mengasuh anaknya dikarenakan anak selalu diperhatikan dan selalu berada di rumah. Oleh karena itu melihat fenomena tersebut penelitian yang dilakukan pada saat ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar akidah akhlak siswa di MTs Labbaika Samarinda Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Labbaika Samarinda yang berjumlah 514 siswa. dan 35 murid dijadikan sebagai sampel penelitian. Dalam pengambilan sampel tidak menggunakan keseluruhan populasi sebagai sampel dengan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan dokumentasi, wawancara dan angket. Angket yang digunakan untuk mendapatkan data variabel X (Pola Asuh Orang Tua) dan nilai rapot siswa untuk memperoleh data variabel Y (Prestasi Belajar), adapun dokumentasi digunakan untuk menguatkan data penelitian. Hasil pengumpulan data tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan persamaan korelasi dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai korelasi 0,765 yang berada pada skala interprestasi 0,60 – 0,799 yang berarti korelasi tergolong Tinggi. Adapun hasil uji t terdapat f hitung sebesar (0,722). Jika dibandingan dengan taraf signifikan pada t tabel (1,689) dapat dinyatakan Ha diterima. Pengaruh tersebut dinystsksn lsgi dengan uji determinasi ditemukan pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII A sebesar 58,5% dan sisanya 42,5% ditentukan oleh faktor lain.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPola Asuh, Orang Tua, Prestasi Belajaren_US
dc.titlePengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak di MTs Labbaika Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record