Pengaruh Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim terhadap Etika Belajar Santri Putra Pondok Pesantren Al Husna Samarinda.
Abstract
ABSTRAK
Rio Armandani, 2022. “Pengaruh Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim terhadap Etika Belajar Santri Putra Pondok Pesantren Al Husna Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Khojir, M.SI dan Dr. Akhmad Muadin, M.Pd
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran jarak jauh secara online mengakibatkan terjadi kemerosotan etika pada siswa, seperti siswa yang bolos dengan alasan jaringan jelek, tidur dan tidak mendengarkan gurunya. Hal ini dikarenakan pembelajaran daring hanya terfokus pada pengetahuan kognitif saja. Melalui Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim merupakan kitab pegangan bagi orang-orang yang sedang menuntut ilmu, dimana dalam kitab Ta’lim Muta’allim menjelaskan tata cara menuntut ilmu dengan akhlak. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui proses pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim, betuk etika belajar santri dan seberapa besar pengaruh pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim terhadap etika belajar santri Pondok Pesantren Al Husna Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah populasi sebanyak 246 santri dan sampel sebanyak 71 santri. Teknik penentuan sampel menggunakan simple random sampling dengan rumus slovin. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala likert dan menggunakan data pendukung melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji hipoteisis koefisien korelasi (r) dan uji regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh antara pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim terhadap etika belajar santri Pondok Pesantren Al Husna samarinda. Hal tersebut diperoleh dari dari hasil uji hipotesis didapatkan hasil bahwa thitung 7,099 > ttabel 2,267, itu artinya Ha diterima dan H0 ditolak, kemudian melalui uji korelasi dengan hasil nilai pearson correlation sebesar 0,650 yang berarti bahwa pengaruh antara variabel X dan Y kategori Kuat. Kemudian dilakukan uji regresi linear sederhana, dimana didapatkan nilai Fhitung > Ftabel yakni, 50,391 > 3,98 dengan tingkat signifikansi 0,000 > 0,05, sehingga dapat digunakan untuk memprediksi bahwa ada pengaruh antara variable X terhadap variabel Y. Kemudian didukung nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,422 yang berarti bahwa besarnya pengaruh variabel X terhadap Variabel Y sebesar 42,20% dan proses pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim di Pondok Pesantren Al Husna Samarinda tergolong kategori Baik dengan rata rata 52 dari 71 santri. Kemudian Etika Belajar di Pondok Pesantren Al Husna Samarinda tergolong dalam kategori Baik dengan rata rata 65 dari 71 santri.