Implementasi Metode Read Aloud dalam Mengembangkan Kosakata Anak di Kelompok A TK Mentari Loa Janan
Abstract
ABSTRAK
Annisa Dwi Mariana, 2022. “Implementasi Metode Read Aloud dalam Mengembangkan Kosakata Anak di Kelompok A TK Mentari Loa Janan”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Robingatin, M.Ag dan Sunanik, M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya perkembangan kosakata anak dalam kemampuan berbahasanya. Pemilihan metode dalam pelaksanaannya juga tak kalah penting. Pemilihan metode read aloud diharapkan akan memberikan suasana menyenangkan dan mampu memfasilitasi anak dalam perolehan kosakatanya. Metode ini menjadi sarana yang dapat banyak memberikan ragam kosakata pada anak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode read aloud dalam mengembangkan kosakata anak di kelompok A.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber, teknik dan waktu.Teknik analisis data penelitian ini menggunakan langkah kerja Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini berkaitan dengan implementasi metode read aloud yang diterapkan guru dalam mengembangkan kosakata anak. Perencanaan terdiri dari pemilihan buku yang sesuai tema pembelajaran dan melakukan pra baca buku. Pelaksanaan yaitu membuat suasana menyenangkan, menunjukkan dan memperkenalkan sampul buku, aktif berinteraksi dengan anak, memberikan pertanyaan kepada anak dan membahas sekitar 4-5 kosakata baru dalam buku. Evaluasi dilakukan dengan cara bertanya pada anak mengenai cerita yang barusan dibaca, baik itu isi, konsep dan kosakatanya. Penilaian perkembangan kosakata sendiri dilakukan dengan cara memperhatikan obrolan maupun penggunaan bahasa anak.