Pengaruh Penggunaan Media Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 34 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Siti Nur Azizah, 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 34 Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Pelaksanaan penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Muhammad Nasir, M. Ag dan Fathur Rahman, S. Si., M. Si.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Salah satu upaya untuk memperbaiki rendahnya motivasi belajar siswa tersebut ialah dengan memanfaatkan media pembelajaran yang menyenangkan. Media mind mapping adalah sebuah teknik mencatat yang menekankan kreativitas siswa sehingga dapat mengefektifkan dalam membuatnya. Dengan menggunakan media mind mapping ini siswa akan merasa lebih senang dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media mind mapping terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam bagi siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 34 Samarinda.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 196 siswa. Kemudian sampel dalam penelitian diambil 25% dari jumlah populasi, yaitu 196 x 25% = 49 siswa. Untuk pengambilan jumlah sampel perkelas peneliti menggunakan teknik sampling yaitu Simple Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil analisis data bahwa diperoleh persamaan regresi sebesar Ү̂ = 14,501 + 0,710 X, uji hipotesis dengan uji t menghasilkan nilai sig 0,000 < 0,05, dan nilai thitung 7,490 > ttabel 2,012, yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media mind mapping berpengaruh terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas IX di SMP Negeri 34 Samarinda dengan pengaruh sebesar 54,4% dan sisanya 45,6% berpengaruh dengan variable lain yang tidak diteliti dalam skripsi ini.