dc.description.abstract | ABSTRAK
Tri Putri, 1811101141. “Pengaruh Konsentrasi Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Santri Tahfidz Ma’had Al-Jami’ah Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian skripsi ini dibawah bimbingan ibu Wahdatun Nisa, MA selaku Pembimbing I dan Bapak Abdul Razak, M.Pd selaku Pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya santri tahfidz yang sering merasa kurang mampu mencapai target hafalan yang telah ditentukan sehingga membuat kemampuan menghafalnya itu menurun. Adapun salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya kemampuan menghafal Al-Qur’an santri tersebut adalah kurangnya konsentrasi dalam menghafal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh konsentrasi terhadap kemampuan menghafal santri tahfidz Ma’had Al-Jami’ah UINSI Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah populasi dan sampel sebanyak 57 orang. Teknik penentuan sampel menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket dengan skala likert yang telah terbukti validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji hipotesis dan data tersebut telah memenuhi syarat normalitas dan linearitas.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menggunakan analisis uji regresi linear sederhana, diperoleh nilai Fhitung > Ftabel yakni 32,436 > 4,020 Ftabel dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti bahwa persamaan di atas mampu memprediksi bahwa ada pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y. Kemudian berdasarkan hasil koefisien korelasi dan koefisien determinasi diperoleh nilai 𝑟𝑥𝑦 = 0,609 dan R Square = 37,1% yang berarti bahwa terdapat pengaruh konsentrasi terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an santri tahfidz adalah sebesar 37,1% sedangkan sisanya sebesar 62,9% dipengaruhi oleh faktor lain di luar dari penelitian ini. Selanjutnya dalam hasil analisis uji hipotesis diperoleh thitung 5,695 >ttabel 1,673 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa Ha diterima dan H0 ditolak sehingga terdapat pengaruh yang signifikan pada konsentrasi terhadap kemampuan menghafal santri tahfidz Ma’had Al-Jami’ah UINSI Samarinda. | en_US |