dc.description.abstract | ABSTRAK
Nurdinda Ayu Meliyani, 2022. “Pengaruh Kemampuan Literasi Digital dan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negerii 4 Samarinda ”. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Husni Idris, M.Pd. selaku pembimbing I dan Ibu Indriana Rahmawati, S.Psi, M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini ialah, peneliti berpandangan bahwa untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di era digital yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi perlunya kemampuan literasi digital yang baik, dan juga kemampuan pedagogik guru yang baik. SMA N 4 Samarinda merupakan sekolah yang strategis. Sebagaimana hasil pengamatan yang telah saya lakukan, hasil belajar pembelajaran Pendidikan Agama Islam disana sudah cukup baik, tetapi permasalahan di SMA Negeri 4 Samarinda masih ada beberapa siswa yang tidak mengerjakan tugas yang diberikan, serta masih ada siswa yang mengobrol dijam pelajaran, para guru yang ada di SMA Negeri 4 Samarinda khususnya guru Pendidikan Agama Islam penggunaan media digital berbasis teknologi masih minim digunakan dalam pembelajaran, serta metode yang digunakan masih sekedar metode ceramah dan cenderung membuat peserta didik bosan. Untuk memperoleh hasil belajar yang diinginkan maka dari itu dibutuhkan kompetensi pedagogik serta literasi digital yang baik untuk mengelola pembelajaran yang baik pula.Tujuan Penelitian ini ialah untuk melihat pengaruh dari kemampuan literasi digital dan kompetensi pedagogik guru pendidikan agama islam terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 4 Samarinda.
Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif yaitu suatu penelitian yang dilakukan pengumpulan data dengan menggunakan bentuk angka-angka. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif karena penelitian yang menemukan pengetahuan maupun menggunakan data berupa angka sebagai alat ukur menemukan keterangan tentang apa yang ingin penulis ketahui. Teknik pengumpulan data berupa angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji F, serta koefisien determinasi.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ialah terdapat pengaruh yang positif serta signifikan antara kemampuan literasi digital dan kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar siswa, dibuktikan dengan peroleh hasil uji F sebesar 18,158 > 3,153 Ftabel dengan tingkat signifikasi 0,000 < 0,05. Sehingga dinyatakan semakin tinggi tingkat kemampuan literasi digital dan kompetensi pedagogik guru pendidikan agama islam semakin tinggi pula hasil belajar siswa di SMA Negeri 4 Samarinda. Sumbangsih kemampuan literasi digital dan kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar sebesar 38,5%. | en_US |