Show simple item record

dc.contributor.authorMaghfira, Ridha
dc.date.accessioned2022-12-20T03:01:55Z
dc.date.available2022-12-20T03:01:55Z
dc.date.issued2022-10-06
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2266
dc.description.abstractABSTRAK Ridha Maghfira, 2022. Efektivitas Penerapan Game Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 9 Balikpapan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Univeristas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Muhammad Iwan Abdi, M.SI selaku pembimbing I dan Bapak Anwaril Hamidy, M.Pd selaku pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dampak dari pandemi terhadap dunia pendidikan dimana pembelajaran harus dilakukan dengan pembelajaran daring sehingga cenderung membuat siswa mengalami kejenuhan belajar. Dengan diterapkannya kembali pembelajaran tatap muka langsung harus ada perubahan yang dilakukan. Guru sebagai pendidik harus memiliki cara baru dalam menyampaikan materi pembelajaran agar pembelajaran menjadi lebih baik lagi. Oleh karena itu, peneliti memilih Game Based Learning untuk diterapkan atau menjadi solusi dalam meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada pelajaran PAI serta untuk menciptakan pembelajaran yang lebih baik, aktif dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan Game Based Learning dan yang tidak menggunakan Game Based Learning serta membuktikan efektivitas penerapan dari Game Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 9 Balikpapan. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen yaitu Pre-Experimental Design bentuk Intact Group Comparison. Sampel pada penelitian ini diambil dengan purposive sampling yang berjumlah 30 orang. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, pemberian post-test, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) nilai rata-rata kelas ekperimen sebesar 36.65 lebih besar dari nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 24.35, (2) hasil observasi aktivitas siswa pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata persentase sebesar 82% dengan kriteria sangat efektif, (3) hasil Mann Whitney menunjukkan diperoleh nilai Zhitung -2.743 < Ztabel -2.32, maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya penerapan Game Based Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Efektivitas dilihat dari perbedaan signifikan pada selisih rata-rata hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kontrol. Didukung pula oleh hasil observasi aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran pada kelas eksperimen yaitu dengan kriteria sangat efektif.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectGame Based Learning, Hasil Belajaren_US
dc.titleEfektivitas Penerapan Game Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 9 Balikpapanen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record