Show simple item record

dc.contributor.authorDilla, Dilla
dc.date.accessioned2022-12-20T03:18:08Z
dc.date.available2022-12-20T03:18:08Z
dc.date.issued2022-10-06
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2267
dc.description.abstractABSTRAK Dilla, “Pemanfaatan Perpustakaan sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”, 2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Khairul Saleh, M.Ag sebagai pembimbing pertama, dan Ibu Lely Salmitha, M. Pd sebagai pembimbing kedua. Perpustakaan memiliki urgensi yang sangat penting dalam Perguruan Tinggi, menjadi sumber belajar yang didalamnya terdapat cakupan disiplin ilmu yang beragam. sumber belajar berkaitan erat dengan pembelajaran. Keberhasilan Pembelajaran bisa dilihat dari seberapa banyak sumber belajar yang diperlukan tersedia sehingga dapat mendukung proses pembelajaran. Selain itu, perpustakaan tidak hanya bisa dilihat sebagai sumber belajar, namun tempat terjadinya pembelajaran, penelitian serta pengembangan sumber daya manusia. Perpustakaan sebagai sumber belajar dimanfaatkan oleh Mahasiswa disesuaikan dengan kebutuhan akademik. Semakin lengkap koleksi, fasilitas sarana dan prasarana diiringi dengan pelayanan yang maksimal maka semakin rutin mahasiswa menjadikan perpustakaan sebagai sumber belajar utama. Oleh karena itu, peneliti ingin mendeksripsikan pemanfaatan perpustakaan yang dilakukan Mahasiswa pendidikan agama islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian bertempat di Gedung UPT Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan Teknik Analisis Data Model Mile and Hubernman dan Saldana secara interaktif melalui empat tahapan, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data di uji kredibilitasnya dengan Trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya perpustakaan sebagai sumber belajar dimanfaatkan oleh Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda dengan cara menggunakan segala bentuk fasilitas, sarana dan prasarana, menggunakan bahan pustaka yang disediakan, memanfaatakan perpustakaaan dengan melakukan berbagai kegiatan diperpustakaan. Melakukan kegiatan perkuliahan di perpustakaan dengan menelaah bahan pustaka yang sesuai dengan mata kuliah, bedah buku yang dilakukan beberapa kelompok orang, tempat melakukan penelitian, tempat mendapatkan bahan penelitian, tempat merampungkan hasil penelitian, hingga tempat rekreasi bagi sebagian mahasiswa.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPemanfaatan, Perpustakaan, Sumber Belajar, Mahasiswaen_US
dc.titlePemanfaatan Perpustakaan sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record