dc.description.abstract | ABSTRAK
Malik Masohi, “Problematika Pembelajaran Daring Masa Covid-19 Mata Pelajaran PAI di SMP YPM Tenggarong Seberang”, 2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda, penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dra. Etty Nurbayani,M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Ibu Anggie Nadia Dinihari, M.Pd selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini dilakukan pada masa pandemi covid-19 ini pemerintah mengeluarkan kebijakan seperti social distancing kondisi ini mengharuskan masyarakat untuk tetap berada dirumah, mulai dari bekerja, beribadah maupun belajar dirumah. Pemerintah menganjurkan untuk melaksanakan proses pembelajaran dari rumah melalui pembelajaran daring. pembelajaran daring dapat menggunakan teknologi digital dengan berbagai media pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru. hal ini tentu menjadi tantangan baru bagi guru maupun peserta didik dalam melakukan proses belajar mengajar melalui sistem daring (online). Pelaksanaan pembelajaran daring yang dilakukan secara tiba-tiba ini menimbulkan berbagai problem atau masalah yang terjadi selama proses belajar mengajar, khususnya pada mata pelajaran pendidikan agama islam . Oleh karena itu, alasan peneliti mengambil penelitian ini ingin mengetahui problem pembelajaran daring masa covid-19 mata pelajaran PAI di SMP YPM Tenggarong Seberang, yang bertujuan untuk mengetahui problem pembelajaran daring masa covid-19 mata pelajaran PAI.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan melalui pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: rencana pelaksanaan pembelajaran yang belum sesuai dengan pelaksanaan pembelajaran daring, perbedaan tingkat pemahaman peserta didik dalam mempelajari materi paneidikan agama islam dalam pembelajaran daring, siswa yang tidak memiliki smartphone/ hp dan keterbatasan kuota internet, faktor pendekatan pembelajaran dan kompetensi guru, keterbatasan guru dalam mengontrol berlangsungnya pembelajaran daring serta kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Pada beberapa kendala dan permasalahan yang dihadapi oleh guru dan siswa maka muncul lah solusi untuk mengatasi problem tersebut seperti guru harus mengikuti pelatihan dalam penggunaan teknologi yang baik dan benar, menjalin komunikasi antara orang tua dan siswa dan siswa diberi waktu tambahan dalam pengisian absensi kehadiran dan guru menerapkan metode pembelajaran yang menyenangkan, penggelolaan waktu dengan tepat. | en_US |