Metode Pembelajaran Ilmu Tajwid Bagi Siswa MI As’adiyah Santan Tengah Kecamatan. Marangkayu Kabupaten. Kutai kartanegara.
Abstract
ABSTRAK
Husnul fahirah, 2022. Metode Pembelajaran Ilmu Tajwid Bagi Siswa MI As’adiyah Santan Tengah Kecamatan. Marangkayu Kabupaten. Kutai kartanegara. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. H.M. said husin, MA dan Ibu Yunita Noor Azizah M.pd.I
MI As‟adiyah Santan Tengah memiliki program tambahan pembelajaran berupa Mata Pelajaran Ilmu Tajwid. Keberadaan mata pelajaran ini menjadi salah satu ikon khusus di sekolah MI As‟adiyah Santan Tengah, karena tidak dimiliki oleh sekolah lainya. Program ini tidak serta merta muncul begitu saja, melainkan karena penilaian sekolah terbentuknya program ini tidak serta merta muncul begitu saja, melainkan karena penilaian sekolah terhadap Prestasi mata pelajaran Al-qur‟an hadist. Dimana pada tahun 2018 pembelajaran ilmu tajwid beberapa situasi belum mampu membaca Al-Qur‟an dengan lancar. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran ilmu tajwid bagi siswa MI As‟adiyah Santan Tengah Kec. Marangkayu Kab. Kutai kartanegara.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekan kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul melalui tiga tehnik tersebut kemudian di periksa keabsahan datanya dengan validasi kontekstual yang dalam pelaksanaanya mengunakan tehnik triangulasi data dan sumber. Adapun tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis yang di kembangkan oleh Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh menyimpulkan bahwa Gambaran Tingkat membaca Al-Qur‟an Peserta didik MI As‟adiyah 10 dari 13 peserta didik sudah mencapai KKM kemampuan membaca Al-Qur‟an. karena peserta didik mampu melafalkan ayat-ayat Al-qur‟an dengan fasih sesuai dengan hukum tajwid dan makhraj hurufnya. Pembelajaran ilmu tajwid di MI As‟adiyah Santan Tengah mengunakan metode talaqqi dimana metode pembelajaran ini bersifat Face to face. Adapun faktor pendukung pembelajaran ilmu tajwid ini yaitu guru mata pelajaran yang dapat menyampaikan materi dengan baik dan metode yang digunakan sesuai. Faktor penghambatnya adalah minimnya buku-buku pembelajaran ilmu tajwid dan juga buku yang digunakan di sekolah adalah buku yang sudah lama.