Show simple item record

dc.contributor.authorAmalia, Gina
dc.date.accessioned2020-03-30T23:45:16Z
dc.date.available2020-03-30T23:45:16Z
dc.date.issued2018-09-06
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/227
dc.description.abstractGina Amaliah, 2018. Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bernyanyi di PAUD Darul Atsar Samarinda Utara 2017/2018. Skripsi Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Ahamad Riyadi, SS.M.Hum sebagai pembimbing I dan Ibu Siti Noor Asiah M.Pd sebagai pembimbing II. Latar belakang penelitian ini bahwa perkembangan Kognitif di PAUD Darul Atsar Samarinda Utara masih jauh dari sempurna. Kemampuan Kognitif Khususnya anak belum mampu mengekspresikan gerakan dengan iringan/ lagu, anak belum mampu mengetahui jumlah hari dalam 1 minggu , 1 bulan serta nama bulan dalam 1 tahun, serta anak belum mampu menunjukkan lambang bilangan 1-10. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan adalah metode ceramah dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak. Dengan metode tersebut anak mendengarkan. Akan tetapi metode yang digunakan tersebut kurang efektif sehingga anak tidak mengalami perkembangan. Metode tersebut dinilai terlalu monoton sehingga anak-anak merasa bosan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan bernyanyi. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dan masing-masing siklus di lakukan 3 kali pertemuan. Pada setiap siklusnya terdiri perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, (observasi), refleksi. Lokasi penelitian ini di PAUD Darul Atsar yang beralamatkan di Jalan Perjuangan 07 No 45 Sempaja Samarinda Utara. Subjek peneltian ini adalah anak PAUD Darul Atsar Samarinda Utara Kelompok B yang berjumlah 14 anak, yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis deskriptif untuk mengolah karakteristik data dengan cara menjumlah, mencari nilai rata-rata dan persentase agar mudah dibaca dengan menggunakan tabel. Hasil penelitian ini adalah bahwa dengan menggunakan kegiatan bernyanyi dapat mengingkatkan kemampuan kognitif anak di Kelompok B PAUD Darul Atsar Samarinda Utara setelah melalui 2 siklus. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan bernyanyi pada pratindakan 35,7% dengan kriteria kurang dan meningkat menjadi 55% pada siklus I kriteria baik dan mencapai 82% pada siklus II dengan kriteria sangat baik.kesimpulan penelitian ini adalah kegiatan bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di Kelompok B PAUD Darul Atsar Samarinda Utaraen_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectSTRATEGI PEMBELAJARANen_US
dc.titlePeningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bernyanyi di PAUD Darul Atsar Samarinda Utara 2017/2018en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record