dc.description.abstract | Rahmawati, 2018 “ Upaya Guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini di Tk Ittihad 4 Lempake. Skripsi, Program Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiah dan ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAN) Samarinda : Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. M. Eka Mahmud, M.Ag selaku Pembimbing I dan Ibu Nurwati M.Pd selaku pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini di TK Ittihad 4 Lempake berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja, bagaimana dan faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam mengembangkan kreativitas Anak usia Dini di TK Ittihad 4 Lempake. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif (qualitative research) adalah penelitian yang menggunakan data dekskriptif kualitatif berupa kata-kata dari sumber data. Untuk mengumpulkan data penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa teknik yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya Guru dalam mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di TK ITTIHAD 4 Lempake sudah berjalan dengan baik karena adanya perkembangan Anak dan beberapa hasil karya yaitu 1.membuat dunia air dari tutup galon bekas, 2 membuat buku cerita dari potongan gambar dan kerdus bekas, 3 membuat mobil mainan dari botol dan kotak minuman bekas. dan adanya beberapa Upaya Guru untuk membantu Anak Mengembangkan Kreativitasnya yaitu1.menciptakan suasana belajar yang menyenangkan 2 belajar sambil bermain, 3.pembelajaran interaktif Adapun faktor-faktor penghambat dalam Upaya Guru Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di TK ITTIHAD 4 Lempake adalah kekurangan sarana prasarana dan keterbatasan persediaan alat dan bahan untuk membuat hasil karya anak. Hasil observasi kegiatan anak dalam setiap kegaiatan membuat karya dapat mengembangkan 6 aspek perkembangan anak yaitu aspek Agama dan moral, Sosialemosional, Bahasa, Kognitif, Fisik Motorik dan seni. | en_US |