Implementasi islam inklusif dalam manajemen pendidikan islam di pondok pesantren assalam arya kemuning kutai barat
Abstract
ABSTRAK
Binti Maqsidah, 2022. “Implementasi islam inklusif dalam manajemen pendidikan islam di pondok pesantren assalam arya kemuning kutai barat”. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H.M. Abzar D, M.Ag sebagai pembimbing I dan Dr. Suratman, M.Pd sebagai pembimbing II.
Latar belakang dari penelitian ini adalah hadirnya pondok pesantren assalam yang berdiri pertama kali di daerah minoritas islam (Kutai Barat) yang masih eksis sampai saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan implementasi Islam Inklusif dalam Manajemen Pendidikan Islam beserta fakqtor pqendukung dan penqghambat dalam pengelolaan manajemennya.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Analisis data dilakukan dengan model Milles Huberman, yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Yang menjadi sumber data pada penelitian ini adalah pengasuh/pimpinan pesantren, bendahara pesantren, pengurus pesantren, ustadz pesantren dan santri pondok pesantren assalam kutai barat.
Hasil yang dapat diperoleh dari penelqitian ini adalah baqhwa islam inklusif di pondok pesantren assalam arya kemuning kutai barat sudah terorganisasi dengan baik, dibuktikan dengan diterimanya santri/yah dari seluruh kalangan tanpa membedakan latar belakangnya; baik dari segi keluarga ataupun kemampuan daya tangkap untuk mendapatkan kesempatan belajar yang merata. Hal ini berlaku pula untuk para muhajir (non santri) yang ingin turut bergabung dalam perjuangan pondok pesantren assalam arya kemuning, mereka akan mendapatkan peran untuk berkiprah di pondok sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. adapun implementasi islam inklusif dalam manajemen pendidikan islam di pondok pesantren assalam terus meningkat seiring berjalannya waktu dengan adanya loyalitas para asatidz/ asatidzah kepada kepentingan lembaga, jalinan silaturrahim para alumni serta wali santri kepada pondok pesantren assalam. Adapun hal- hal yang menjadi faktor penghambatnya adalah adanya beberapa wali santri yang kurang memahami peraturan pondok pesantren, dan kurangnya pendampingan di setiap kegiatan dari para pengurus kepada santri/ah yang mengakibatkan kurangnya kualitas dalam ketertiban dan kedisiplinan santri/ah di pondok pesantren.