dc.description.abstract | ABSTRAK
Dhania Kartika Dharma, (1711101028). “Penggunaan Metode Pembelajaran Video Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 3 Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MIN 1 Samarinda”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Sulaiman (UINSI) Samarinda. Penelitian ini di bombing oleh Dr. Husni Idris, S.Ag., M.Pd selaku pembimbing 1 dan Rega Armella M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah terkait pelaksanaan Untuk dapat belajar dengan baik diperlukan proses dan motivasi yang baik pula. Memberikan motivasi kepada seorang siswa, berarti menggerakkan siswa untuk melakukan sesuatu. Salah satu metode yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran adalah penggunaan metode pembelajaran berbasis video. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Penggunaan Metode Pembelajaran Video Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 3 pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MIN 1 Samarinda dan Untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat dalam Penggunaan Metode Pembelajaran Video Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 3 pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MIN 1 Samarinda.
Pada penelitian kualitatif, manusia, peristiwa, perilaku dan arsip dapat digunakan sebagai sumber data, sumber data yang bervariasi ini memerlukan metode pengumpulan data yang spesifik. Teknik atau metode pengumpulan data dapat dilakukan sesuai prosedur yang telah ditentukan. Dalam penelitian ini yaitu menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan Video Based Learning, terdapat faktor yang mempengaruhinya baik faktor pendukung ataupun factor penghambat dalam pembelajaran Sejarah kebudayaan Islam (SKI). Faktor pendukung yaitu peserta didik aktif dalam pembelajaran baik itu bertanya, berpendapat, serta banyaknya sumber informasi yang di peroleh dan peserta didik bersemangat mengikuti pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat yaitu ada peserta didik yang malu ataupun tidak percaya diri mengutarakan pendapatnya dan terlalu lama pada proses pemasangan proyektor dan lain-lain. | en_US |