Show simple item record

dc.contributor.authorAinun, Asri
dc.date.accessioned2022-12-27T00:57:31Z
dc.date.available2022-12-27T00:57:31Z
dc.date.issued2022-11-09
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2297
dc.description.abstractABSTRAK Asri Ainun, 2022, “Pengaruh penggunaan metode halaqah terhadap peningkatan soft skill santri dalam membaca al-Quran di Pondok Pesantren Nabil Husein Samarinda”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Darwis, M.SI selaku pembimbing I dan Moh. Nasrun, M.Pd.I selaku pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya jumlah santri di Pondok Pesantren Nabil Husein Samarinda, dengan banyaknya jumlah santri dan kegiatan Pondok yang begitu padat akan sulit membuat santri untuk bisa membaca al-Quran. Sehingga murobbi menggunakan metode halaqah dalam belajar al-Quran, yang mana metode halaqah ini dianggap sangat efektif digunakan karena mampu memudahkan murobbi mengatur banyaknya jumlah santri dan dapat meningkatkan soft skill santri dalam membaca al-Quran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh dan seberapa besar pengaruh penggunaan metode halaqah terhadap peningkatan soft skill santri dalam membaca al-Quran di Pondok Pesantren Nabil Husein Samarinda. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi sebanyak 1028 santri. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan stratified random sampling sebanyak 91 santri. Setiap jenjangnya diambil perwakilan yaitu untuk jenjang SMA 18 siswa, SMK 16 siswa, SMP 29 siswa, dan MTS 28 siswa.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan regresi linier. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode halaqah terhadap peningkatan soft skill santri dalam membaca al-Quran di Pondok Pesantren Nabil Husein Samarinda. Hal tersebut dibuktikan dari hasil pengujian parsial (Uji t) diperoleh nilai thitung sebesar 2,216 > ttabel sebesar 1,987 dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05, maka ditariklah keputusan menerima Ha dan menolak H0. Sehingga disimpulkan bahwa metode halaqah berpengaruh terhadap peningkatan soft skill santri dalam membaca al-Quran di Pondok Pesantren Nabil Husein Samarinda.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectmetode halaqah, soft skill, santrien_US
dc.titlePengaruh penggunaan metode halaqah terhadap peningkatan soft skill santri dalam membaca al-Quran di Pondok Pesantren Nabil Husein Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record