Show simple item record

dc.contributor.authorAni, Putri
dc.date.accessioned2023-01-04T00:09:37Z
dc.date.available2023-01-04T00:09:37Z
dc.date.issued2022-09-26
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2309
dc.description.abstractABSTRAK Putri Ani, 2022. “Problematika Konsentrasi Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kutai Kartanegara”. Skripsi, program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini di bimbing oleh Bapak Drs. H. Muhammad Said Husin, M.A dan Ibu Maulida Ulfa Hidayah, M.Pd. Konsentrasi berpengaruh besar terhadap keberhasilan proses pembelajaran, apabila seseorang mengalami kesulitan konsentrasi maka, proses belajar mengajar menjadi tidak maksimal. Latar belakang penelitian ini adalah siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kutai Kartanegara masih ada siswa yang terbawa suasana dalam proses pembelajaran daring serta terpengaruh pada penyesuaian pembelajaran Blanded Learning. Yang diketahui saat proses pembelajaran, ada siswa yang tidak memperhatikan saat proses pembelajaran secara daring, tidak masuk dalam laman web yang telah disediakan pihak sekolah, dan saat diberikan tugas sekolah ada yang tidak mengumpulkan tugasnya di laman web tersebut yang membuat hasil belajar menjadi tidak maksimal dan tidak mencapai tujuan yang diinginkan. Ketika pembelajaran tatap muka ada yang saling mengobrol, bermain hp, dan ketika guru memberikan pertanyaan sebagai timbal balik setelah menerangkan materi ada siswa yang hanya diam saja ketika diberikan pertanyaan dikarenakan tidak bisa menjawab pertanyaan yang telah diberikan kepada gurunya. Setelah pandemi ini berlansung tentu saja masing-masing guru mempunyai metode cara mengajar yang berbeda-beda, dengan menggunakan metode ceramah, Tanya jawab, dan menggunakan metode bermain dikelas VIII. Oleh karena itu peneliti ingin menganalisis problematika konsentrasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kutai Kartanegara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yang mengambil tempat di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kutai Kartanegara. Penerapan metode kualitatif pada pengumpulan data kepada informan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang datanya digunakan untuk mengetahui problematika konsentrasi belajar siswa pasca pandemi. Penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling yang diperoleh 62 siswa dari kelas 8.4 dan 8.5 dan 5 guru PAI. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengenai problematika konsentrasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kutai Kartanegara, sebanyak 38 siswa yang memperhatikan materi yang disampaikan, sebanyak 24 siswa yang tidak memperhatikan materi yang telah disampaikan oleh guru, sebanyak 7 orang yang bisa menjawab pertanyaan guru secara lisan, sebanyak 55 siswa yang tidak bias menjawab pertanyaan dari guru secara lisan, sebanyak 7 orang yang aktif dalam proses pembelajaran, sebanyak 55 orang yang tidak aktif dalam proses pembelajaran, dan 62 siswa memiliki kendala berkonsentrasi saat proses pembelajaran berlangsung. Dan sebanyak 4 guru mengatakan selama pandemic banyak pengaruh besar yang terjadi kepada siswa terutama menurunnya akhlak siswa dan konsentrasi belajar siswa.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectProblematika, Konsentrasi, Belajar, Siswaen_US
dc.titleProblematika Konsentrasi Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kutai Kartanegaraen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record