dc.description.abstract | ABSTRAK
Erin Novia Putri, 2022. “Hubungan Media Game Edukasi Quizizz Terhadap Motivasi Belajar PAI Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Sungai Kunjang”. Pelaksanaan penelitian dibimbing oleh Dr. Husni Idris, M.Pd sebagai pembimbing I dan Dr. Agus Setiawan, M.Pd.I pembimbing II.
Media pembelajaran berfungsi untuk mempercepat siswa menangkap tujuan pembelajaran dan isi pembelajaran dengan sangat mudah, menyenangkan dan materi pembelajaran serta informasi yang disampaikan juga sangat membekas diingatan peserta didik. Memotivasi siswa, guru harus menggunakan media pembelajaran menarik salah satunya adalah media game edukasi quizizz. Akan tetapi masih ada guru yang belum memanfaatkan media pembelajaran pendidikan agama Islam. Berdasarkan observasi awal yang peneliti lakukan di Sekolah Dasar Negeri 009 Sungai Kunjang, wawancara peneliti dengan guru pendidikan agama Islam kelas V di sekolah tersebut telah menerapkan media game edukasi quizizz selama pembelajaran online dan offline, yaitu peserta didik bersemangat dalam belajar pendidikan agama Islam karena media game edukasi quizizz membuat mereka berlomba- lomba dalam menjawab, mencari tau jawaban dari quiz yang diberikan oleh pendidik selama proses belajar mengajar. Tujuan penelitian untuk melihat apakah terdapat hubungan media game edukasi quizizz terhadap motivasi belajar PAI pada kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Sungai Kunjang.
Metode penelitian menggunakan kuantitatif yaitu suatu penelitian dilakukan dengan pengumpulan data menggunakan bentuk angka-angka. Jenis penelitian ialah penelitian kuantitatif artinya untuk mengetahui sejauh mana hubungan variabel (X) yaitu media game edukasi quizizz terhadap variabel (Y) motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI. Teknik pengumpulan data melalui, observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah penelitian korelasi (menghubungkan), yaitu dengan cara menghubungkan antara hubungan media game edukasi quiziz terhadap motivasi belajar PAI pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 009 Sungai Kunjang.
Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini dengan menggunakan Uji Product Moment, maka didapatkan kesimpulan Ha diterima dan Ho ditolak dengan keterangan nilai sig. 0,917 > r tabel dapat diartikan bahwa adanya hubungan yang kuat antara media game edukasi quizizz (variabel X) terhadap motivasi belajar PAI (variabel Y). | en_US |