Show simple item record

dc.contributor.authorJuraida
dc.date.accessioned2020-04-04T05:45:09Z
dc.date.available2020-04-04T05:45:09Z
dc.date.issued2018-10-01
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/231
dc.description.abstractJuraida. 2018. “Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Menengah Pertama Plus Melati Samarinda”. Skripsi, Program Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini di bimbing oleh Bapak Dr. Much. Eka Mahmud, M. Ag dan Ibu Siti Julaiha, S.Ag, M.Pd. Latar belakang penelitan ini adalah karena melihat maraknya perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan. Perkembangan teknologi saat ini menimbulkan dampak yang luar biasa bagi siswa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, dari teknologi informasi yang disediakan di sekolah dapat memberikan gambaran tentang pelajaran yang akan disampaikan oleh guru kepada siswa, sehingga secara langsung siswa dapat merangsang pengetahuan, tanpa harus membayangkan, melainkan siswa sudah dapat melihat langsung dari objek yang dipelajari. Penggunaan teknologi informasi yang di gunakan dalam SMP Plus Melati khususnya dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam yaitu seperti penggunaan Internet, Laptop/komputer, dan LCD proyektor dalam proses belajar mengajar di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknologi informasi (TI) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Plus Melati Samarinda. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan menggunakan penelitian kuantitatif. Penggumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Plus Melati Samarinda yang berjumlah 79 siswa dari kelas VII,VIII, dan IX, maka dari itu penelitian ini dinamakan penelitian populasi. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis kolerasi. Hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa antara penggunaan teknologi informasi (X) dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (Y) dengan hasil analisis diketahui yaitu r observasi (0,432) lebih besar dari r tabel baik pada signifikan 5% (0,235) dan 1% (0,306), Dengan interprestasi koefisien kolerasi r pada katagori “Cukup”. Ini berarti Ho di tolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh yang cukup signifikan antara penggunaan teknologi informasi terhadap motivasi belajar pendidikan agama Islam siswa Sekolah Menengah Pertama Plus Melati Samarinda.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectMEDIA PEMBELAJARANen_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Menengah Pertama Plus Melati Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record