فعالية تطبيق طريقة التردد في ترقية قدرة حفظ المفردات لتلاميذ الصف السابع ب بالمدرسة الثانوية نور الإسلام سمارندا
Abstract
Ika Lailatul Rohmah lahir pada tanggal ١٨ Februari ١٩٩٣ dengan judul skripsi
“Efektivitas Penggunaan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan
Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab pada Siswa Kelas VII B di MTS Nurul Islam
Samarinda”. Skripsi ini dibawah bimbingan Bapak Mustamin Fattah, S. Ag, M. Pd
selaku pembimbing I dan Bapak H. Muhammad Yamin, Lc, MA selaku pembimbing
II.
Latar belakang dalam penelitian ini adalah bahwa adanya permasalahan yang
timbul dalam proses pembelajaran bahasa Arab di MTS Nurul Islam Samarinda.
Permasalahan tersebut diantaranya, yaitu kurang menumbuhkan keaktifan dan
ketertarikan siswa dalam belajar bahasa Arab terutama dalam penguasaan kosa kata
dan basic (dasar) sebagai pemula dalam belajar bahasa Arab. Efektivitas penggunaan
metode drill untuk meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata bahasa Arab
merupakan tujuan yang ingin dicapai dari penelitian adalah untuk mengetahui
Bagaimana pelaksanaan dan seberapa efektif pelaksanaan metode drill dalam
meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata bahasa Arab pada siswa kelas VII B
di MTS Nurul Islam Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa-siswi kelas VII B di MTS Nurul Islam Samarinda sebanyak ٢١١
siswa. Dan pengambilan sampel sebanyak ٣٥ siswa guna memudahkan peneliti dalam
proses penghitungan hasil persentasi dari penelitian ini, selanjutnya peneliti
menggunakan teknik pengumpulan data yakni Field Work Research dengan teknik
observasi, dokumentasi dan pengukuran tes hasil belajar (pretest-Posttest).
Berdasarkan hasil analisa, maka diketahui bahwa efektivitas penggunaan
metode drill untuk meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata bahasa Arab pada
siswa kelas VII B di MTS Nurul Islam Samarinda adalah sangat efektif