dc.description.abstract | ABSTRAK
Nahfatul Jannah, 2022, “Motivasi Orang Tua Dalam Memilih Pondok Pasantren Nabil Husein sebagai Pembinaan Moral Anak. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri (UINSI) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Fathul Janah, M.SI dan Dr. Akhmad Muadin, M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh motivasi orang tua kepada anaknya untuk mendapatkan pembinaan moral di pondok pesantren khususnya pada pondok pesantren Nabil Husein, serta peran pondok pesantren itu sendiri sebagai tempat pembinaan moral anak. Salah satu rumusan masalah dari penelitian ini adalah “bagaimana motivasi orang tua lebih memilih pondok pasantren Nabil Husein sebagai pembinaan moral anak”. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motivasi orang tua lebih memilih pondok pesantren Nabil Husein sebagai pembinaan moral anak.
Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif, penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus, adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini ada dua yaitu data primer dan skunder. Teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah kondensasi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Hasil yang didapat dari penelitian ini menyatakan bahwa motivasi orang tua memilih pondok pesantren Nabil Husein sebagai tempat pembinaan moral anak adalah dilandasakan berdasarkan dua hal, yakni berdasarkan motivasi instrinsik yang mana motivasi ini merupakan motivasi yang datang dari diri sendiri tanpa pengaruh dari luar, contoh motivasi ini tercermin dalam kesadaran orang tua akan pentingnya pembinaan moral anak dan kedisiplinan, kemudian motivasi eksntrinsik yang mana motivasi ini terpicu akibat dorongan dari luar, contoh motivasi ini tercermin dalam keputusan orang tua berdasarkan fasilitas pondok pesantren Nabil Husein. Kemudian tentang pembinaan moral di pondok pesantren Nabil Husein dapat dilihat dari beberapa hal yang mencakup diantaranya; pembelajaran di kelas (Ta‟lim Muta‟alim, Aqidah Akhlak, dll), sistem organisasi yang dibentuk (OSIP), dan dari kebiasaan serta sikap keteladanan para ustadz maupun pembina kepada para santrinya, semua hal tersebut merupakan bentuk pembinaan moral yang ada di pondok pesantren Nabil Husein yang mana itu juga sudah sejalan dengan empat bentuk metode pembinaan moral yakni, keteladan, pembiasaan, nasehat dan cerita. | en_US |