Show simple item record

dc.contributor.authorAmaliyah, Warahmatun Nur
dc.date.accessioned2023-01-11T02:59:45Z
dc.date.available2023-01-11T02:59:45Z
dc.date.issued2022-09-01
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2345
dc.description.abstractABSTRAK Warahmatun Nur Amaliyah, 2022. Korelasi Antara Metode Resitasi dengan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti DI SMP Negeri 7 Samarinda Ulu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. H. M. Said Husin, MA dan Bapak Fathur Rahman, M. Si Berdasarkan observasi awal yang penulis lakukan di SMP Negeri 7 Samarinda Ulu, pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas VIII selalu menggunakan metode resitasi sebagai salah catu cara untuk menunjang pembelajaran. Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk dikerjakan. Namun, peserta didik kurang antusias dalam mengerjakan tugas karena proses belajar mengajar terasa monoton serta melihat perbedaan motivasi belajar antara peserta didik yang satu dengan yang lainnya. Adapun tugas-tugas yang diberikan yaitu, hapalan surah pendek dan soal-soal dibuku LKS. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui korelasi antara metode resitasi dengan motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 7 Samarinda Ulu. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan jenis penelitian ini adalah survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Samarinda Ulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Dan berdsarkan dari data hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa korelasi antara metode resitasi dengan motivasi belajar dengan uji t bahwa nilai thitung sebesar 6,348 sedangkan ttabel sebesar 1,655, karena thitung>ttabel (6,348 > 1,655), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara metode resitasi dengan motivasi belajar. Dari data diatas menyatakan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectKorelasi, Metode Resitasi, Motivasi Belajaren_US
dc.titleKorelasi Antara Metode Resitasi dengan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti DI SMP Negeri 7 Samarinda Uluen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record