Show simple item record

dc.contributor.authorFajri, Mohammad Zainul
dc.date.accessioned2023-01-11T03:44:09Z
dc.date.available2023-01-11T03:44:09Z
dc.date.issued2022-11-09
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2346
dc.description.abstractABSTRAK Mohammad Zainul Fajri, 2022. “Hubungan Menghafal Al-Qur’an dengan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas Tahfidz di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda”. Skripsi Jurusan Pendidikan Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. Muhammad Nasir, M.Ag. selaku dosen pembimbing I dan Bapak H. Marajo, Lc., M.Pd.I selaku dosen pembimbing II. Latar belakang penelitian ini yakni ketika berada dilingkungan Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda, peneliti melihat fenomena antara kelas reguler dan kelas tahfidz, di mana siswa yang berada di kelas tahfidz lebih tenang dan lebih mudah diatur daripada kelas reguler. Kemudian tingkat rasa percaya diri dan sikap dalam menghormati orang lain lebih tercermin pada siswa yang ada pada kelas tahfidz.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan menghafal AL-Qur’an dengan kecerdasan spiritual siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda serta keerataan hubungan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas Tahfidz dan sampel sebanyak 65 yang didapat dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu sampel yang diambil karena adanya kriteria, kriteria tersebut ialah siswa yang telah menempuh 1 tahun proses menghafal Al-Qur’an di kelas Tahfidz Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda. Teknik pengumpulan datanya ialah angket dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data dan asumsi klasik peneliti menggunakan uji validitas, uji realibitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas. Teknik analisis datanya menggunakan korelasi product moment. Dalam hasil analisis data pada bab empat, peneliti mendapatkan hasil uji korelasi nilai Sig 0,000 < 0,05 (alpha) pada variabel X dan Sig 0,000 < 0,05 pada variabel Y. Kemudian nilai pearson correlation adalah 0,778. Dengan demikian, karena nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka terdapat hubungan menghafal AlQur’an dengan kecerdasan spiritual siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda dan dalam kategori derajat korelasi nilai pearson correlation masuk ke dalam kategori hubungan yang kuat serta hubungan yang terjalin antara menghafal Al-Qur’an dengan kecerdasan spiritual memiliki hubungan yang sifatnya positif.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectMenghafal Al-Qur’an, Kecerdasan Spiritualen_US
dc.titleHubungan Menghafal Al-Qur’an dengan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas Tahfidz di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record