Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas IX Di SMP Negeri 4 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Siti Fauziyah, “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas IX Di SMP Negeri 4 Samarinda, 2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. Darwis, M.SI sebagai pembimbng I dan Bapak Muhammad Ridho Muttaqin, M.Pd.I sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam sangatlah berperanan penting dalam pembentukan karakter siswa di sekolah. Karena guru Pendidikan Agama Islam adalah guru yang dapat mendidik karakter siswa sesuai dengan syari’at Islam. Peranan guru pendidikan agama Islam tersebut membentuk tingkah laku siswa yang sebelumnya kurang baik menjadi baik, dan yang sebelumnya sudah baik menjadi lebih baik lagi. Dengan demikian guru pendidikan agama Islam selain mentransfer ilmu agama juga berperanan dalam pembentukan karakter siswa yang sesuai dengan syari’at Islam dan budaya bangsa Indonesia. Oleh karena itu, alasan peneliti mengambil penelitian ini karena untuk mengetahui peranan guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter siswa kelas IX di SMP Negeri 4 Samarinda. Untuk mengetahui strategi atau metode yang digunakan guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter siswa. Serta untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pembentukan karakter siswa kelas IX di SMP Negeri 4 Samarinda.
Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di SMP negeri 4 Samarinda dengan informan guru pendidikan agama Islam dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji keabsahan data terhadap hasil penelitian dengan kredibilitas data dengan mengguanakn triangulasi. Teknik analisis data melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian mengenai peranan guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter siswa kelas IX di SMP Negeri 4 Samarinda, peneliti menyimpulkan bahwa peranan yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter siswa kelas IX sudah baik dimana guru pendidikan agama Islam berperan sebagai pengajar, pembimbing, pemimpin, dan sebagai ilmuan dalam pembentukan karakter siswa. Guru pendidikan agama Islam juga menggunakan beberapa strategi atau metode dalam pembentukan karakter siswa antara lain metode kontekstual (contextual theaching and leraning) dan kooperatif. Adapun faktor penghambat dalam pembentukan karakter siswa itu ada dua yaitu hambatan internal (pribadi setiap siswa), hambatan eksternal (factor yang mempengaruhi pembentukan karakter dari luar seperti orang tua dan media massa). Kemudian faktor pendukung dalam pembentukan karakter siswa adalah faktor internal (kesadaran diri sendiri), faktor eksternal (dukungan dan motivasi dari keluarga, orang tua dan guru).