Gaya Mengajar Guru Rumpun Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Tsanawiyah Al-Muna Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Marian Ajsadina, 2022. “Gaya Mengajar Guru Rumpun Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Tsanawiyah Al-Muna Samarinda”. Skripsi Program Studi Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Siti Julaiha, S.Ag., M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Imroh Atul Musfiroh, M.Pd.I selaku pembimbing II.
Gaya mengajar merupakan salah satu kegiatan atau aktivitas yang dilakukan guru agar terselenggaranya proses kegiatan belajar mengajar. Gaya mengajar guru tentunya berbeda-beda akan tetapi tetap memiliki tujuan yang sama. Dengan adanya gaya mengajar memudahkan guru untuk memberi pemahaman kepada siswa dengan materi sesuai gaya mengajar yang dibawakan guru. Guru harus bisa membangun dan menciptakan suasana kelas yang multi arah, serta memiliki variasi keterampilan gaya mengajar agar mampu merangsang minat siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pencapaian hasil belajar. Kurangnya keterampilan mengajar akan menimbulkan rasa bosan, jenuh, bahkan mengantuk pada peserta didik saat kegiatan pembelajaran sehingga perhatian, motivasi, dan minat siswa menurun terhadap pelajaran. Ternyata masih ditemukan bahwa peserta didik mendapatkan nilai yang tidak sesuai dengan ketentuan madrasah, sehingga penelitian ini dilakukan untuk menggali dan mengetahui lebih dalam apakah ada masalah terhadap penerapan gaya mengajar yang diterapkan oleh guru sehingga peserta didik yang lain kurang memperhatikan ataukah ada permasalahan lainnya yang menyangkut diri peserta didik.
Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Al-Muna Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru, peserta didik, kepala sekolah, dan waka kurikulum beserta dokumen yang mendukung lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi data dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya mengajar guru rumpun PAI di Madrasah Tsanawiyah Al-Muna Samarinda : 1.) Gaya mengajar yang diterapkan oleh guru meliputi gaya mengajar klasik, gaya mengajar teknologis, gaya mengajar personalisasi, gaya mengajar interaksional, dan gaya mengajar demokratis, 2.) Terdapat variasi gaya mengajar seperti adanya variasi suara lembut ataupun tegas, adanya pemberian waktu atau jeda pada saat menjelaskan materi ataupun ketika siswa ribut guna mengembalikan konsentrasi siswa, mengadakan kontak pandang agar dapat mengetahui mana siswa yang paham dengan yang tidak paham sehingga ketika ditemukan permasalahan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi maka guru dapat menjelaskan ulang agar peserta didik bisa paham, serta adanya pergantian posisi dan gerak guru dalam kelas hal ini dilakukan dengan cara berjalan dari depan, tengah, kemudian ke belakang biasanya juga dilakukan ketika siswa bertanya maka guru menghampiri siswa tersebut, 3.) Faktor-faktor yang mempengaruhi gaya mengajar guru terdapat tujuan pengajaran yang disusun sedemikian rupa dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), adanya materi yang bertujuan membantu menambah pemahaman peserta didik dalam mencari jawaban, adanya media yang juga penting dan mendukung kegiatan belajar mengajar, serta pengenalan karakter siswa. Tidak hanya itu, peneliti menemukan bahwa motivasi, semangat mengajar, serta keterampilan sosial merupakan faktor yang juga mempengaruhi gaya mengajar.