Show simple item record

dc.contributor.authorNugraha, Eddrik Fadila
dc.date.accessioned2023-01-12T02:58:43Z
dc.date.available2023-01-12T02:58:43Z
dc.date.issued2022-11-17
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2351
dc.description.abstractABSTRAK Eddrik Fadila Nugraha, 2022. “Pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMK Negeri 8 Samarinda Seberang”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Fathul Jannah, M.SI selaku dosen pembimbing I dan Ibu Imroh Atul Musfiroh, M.Pd.I selaku dosen pembimbing II. Latar belakang penelitian ini yakni terkait dengan kompetensi kepribadian, dimana kompetensi ini merupakan kemampuan pribadi seorang pendidik yang diperlukan agar dapat menjadi pendidik yang baik. Guru merupakan sosok teladan bagi siswa, maka dari itu guru digugu (ditaati nasihat, ucapan, dan perintahnya) dan ditiru (dicontoh sikap dan perilakunya). Apabila guru tidak memiliki kepribadian yang baik, maka besar pengaruhnya bagi siswa. Dari kompetensi tersebut guru dapat menciptakan suasana dalam belajar menjadi nyaman dan optimal sehingga menumbuhkan persepsi siswa yang positif. Dengan persepsi yang positif tersebut akan menumbuhkan minat belajar siswa sehingga dapat mempengaruhi tindakan siswa dalam mencapai tujuannya. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui besar atau kecilnya pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMK Negeri 8 Samarinda Sebrang. Jenis Penelitian yang digunakan yakni penelitian kuantitatif, dimana penelitian ini di rancang untuk menentukan besarnya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Populasi dari penelitian ini yakni 169 siswa, dan sampel yang digunakan yakni 80 siswa dengan teknik pengambilan quota sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, angket dan dokumentasi. sedangkan teknik analisa data yang digunakan yaitu teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa. Dari hasil analisis maka peneliti mendapatkan hasil pengujian regresi linier sederhana dan memperoleh hasil fhitung 14,154 > ftabel sebesar 3,960 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, adapun nilai korelasi atau hubungan nilai R sebesar 0,392, maka diketahui pengaruhnya berada pada tingkat rendah. Koefisien determinasi dapat diketahui dari table adjusted R square, dimana nilai adjusted r square sebesar 0,143, yang berarti tingkat pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI sebesar 14,3%, dan hipotesis diterima. Sedangkan sisanya 85,7% minat belajar PAI dipengaruhi oleh faktor lain seperti guru prefesional, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectkompetensi, kepribadian, guru PAI, minat belajar siswaen_US
dc.titlePengaruh kompetensi kepribadian guru PAI terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMK Negeri 8 Samarinda Seberangen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record