Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Quran
Abstract
ABSTRAK
Siti Nur Kholifah, “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Quran”. 2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agma Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing Oleh Bapak Drs. Darwis, M.SI dan Ibu Arsinah,S.Ag, M.Si.
Latar belakang penelitian ini yaitu pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam, guru Pendidikan Agama Islam diberikan kewajiban dan tanggung jawab untuk mendidik siswa agar dapat membaca al-Quran. Peneliti telah melakukan observasi sederhana bahwasannya di MTs Al-Amin Sebulu memiliki siswa yang memiliki kemampuan pemahaman dalam belajar yang beragam salah satunya permasalahan dalam pemahaman huruf hijaiyah. Oleh karena itu alasan peneliti menggambil penelitian ini karena ingin mengetahui apa saja upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca al-Quran serta bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran membaca alQuran, yang bertujuan agar peserta didik bisa membaca al-Quran.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriftif. Sumber data penelitian guru Pendidikan Agama Islam, Kepala Madrasah Tasanawiyah Al-Amin Sebulu, guru Bimbingan Konseling dan salah satu orang tua siswa. Teknik pengumpulan data menggunkan obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan uji keabsahan menggunakan terhadap suatu data hasil penelitian menggunakan triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca alQuran dengan cara memilih metode pembelajaran yang mudah dipahami siswa, menyediakan waktu khusus untuk pembelajaran, hal ini didukung dengan pihak madrasah, orang tua dan lingkungan siswa. Faktor pendukung nya berupa penyediaaan waktu khusus untuk belajar membaca al-Quran, menyediakan ruangan khusus untuk pembelajaran membaca al-Qura’an, menyediakan guru untuk pembelajaran membaca al-Quran dan menyediakan buku iqra’ untuk pembelajaran. Faktor penghambatnya berupa kurangnya guru dalam pembelajaran ini, kurangnya waktu pembelajaran dan kurangnya guru dalam penguasaan metodologi pembelajaran.