Show simple item record

dc.contributor.authorIsmail, Musdalifah
dc.date.accessioned2023-01-26T06:35:34Z
dc.date.available2023-01-26T06:35:34Z
dc.date.issued2022-06-20
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2388
dc.description.abstractABSTRAK Musdalifah Ismail, 2022. “Kepemimpinan Pembelajaran Berbasis Teknologi di SMK Teknik Informatika Labbaika”. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Tesis ini dilaksanakan di bawah bimbingan Prof. Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Suratman, M.Pd selaku pembimbing II. Latar belakang penelitian, SMK TI Labbaika Samarinda merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berada di Kota Samarinda yang semakin diminati. Pembelajaran dilakukan dengan pemanfaatan teknologi baik dalam pembelajaran online maupun pembelajaran tatap muka melalui aplikasi Learning System Moodle (LSM) Moodle dan media pembelajaran lainnya. Kepala sekolah dalam hal ini menjadi faktor utama sebagai motor penggerak di lembaga pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kepemimpinan pembelajaran berbasis teknologi di SMK TI Labbaika Samarinda?, (2) hambatan apasajakah yang dialami dan bagaimana solusinya?. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis kepemimpinan pembelajaran berbasis teknologi di SMK TI Labbaika Samarinda, (2) untuk menganalisis hambatan dan solusi dalam pembelajaran di SMK TI Labbaika Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kurikulum, operator, tim Informasi dan Teknologi (IT) dan guru. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data untuk memastikan data yang diperoleh antara kepala sekolah, wakil kurikulum, operator, tim Informasi dan Teknologi (IT) dan guru benar-benar valid dan saling berkaitan. Analisis yang digunakan adalah analisis data interaktif oleh Miles, Huberman dan Saldana (2014), dimana proses analisisnya dilakukan secara berkelanjutan sampai memperoleh suatu kesimpulan data yaitu (1) Kondensasi Data, (2) Penyajian Data, (3) Penarikan/Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah berjalan baik pada perencanaan dan,pelaksanaan pembelajaran dimana pembelajaran menggunakan aplikasi LSM Moodle dan media lainnya, dalam memaksimalkan pembelajaran berbasis teknologi, kepala sekolah melakukan berbagai upaya diantaranya melalui pemenuhan sarana prasarana pembelajaran, peningkatan kemampuan guru. Namun masih kurang pada supervisi pembelajaran karena dilakuakan hanya melalui pemantauan sekilas belum ada instrument dan dokumen tertulis. Hambatan yang dialami ada pada jaringan internet ketika terjadi gangguan, guru harus kreatif dalam mengatasi kondisi tersebut agar pembelajaran tetap dapat berlangsung karena pembelajaran menggunakan aplikasi pembelajaran. Siswa yang belum memahami penggunaan aplikasi terjadi pada siswa ditahun ajaran baru atau siswa mutasi, guru mendampingi, dan guru yang belum memahami sepenuhnya penggunaakn aplikasi, diberi bimbingan dan pelatihan dipandu oleh guru bersertifikasi dan Tim Informasi dan Teknologi (IT) yang telah mengikuti Training Of Trainner (TOT) yang di selenggarakan oleh Telkom Samarinda.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectKepemimpinan, Pembelajaran Berbasis Teknologien_US
dc.titleKepemimpinan Pembelajaran Berbasis Teknologi di SMK Teknik Informatika Labbaikaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record