Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Kemandiran anak di Sekolah Menengah Pertama Islam Al Azhar 48 di Samarinda Kalimantan Timur
Abstract
ABSTRAK
Ghina Alifa Hasanah, 2022. “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Kemandiran anak di Sekolah Menengah Pertama Islam Al Azhar 48 di Samarinda Kalimantan Timur”. Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pogram Pascasarjana Universitas Negeri Sultan Aji Muhammad Idris UINSI Samarinda Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Mursalim M.Ag dan Dr. Siti Julaiha M.Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah sikap kemandirian belajar anak yang berada di SMPIA 48 samarinda yang akan di teliti mengenai perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam proses pembelajaranya. Tujuan pendidikan pada hakekatnya harus berupaya menciptakan suasana belajar dan proses pembelajaran yang dapat memberikan bekal bagi peserta didik dengan berbagai kecakapan hidup untuk membangun kemandirian siswa, malah dapat membuat siswa tersebut tidak memiliki kemandirian di dalam kehidupanya ketika bekerja. Pendidikan tidak hanya mengejar pengetahuan semata tetapi harus ada proses pengembangan keterampilan, sikap, dan nilai-nilai tertentu yang dapat direfleksikan dalam kehidupan peserta didik dimasa yang akan datang. Hal yang menarik dari kompleksitas masalah pada penelitian ini adalah, bagaimana pembelajaran PAI dapat menumbuhkan kemandirian belajar pada peserta didik.
Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi dalam penelitian ini adalah SMPIA 48 Samarinda. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik observasi, teknik wawancara, teknik dokumentasi, dan teknik analisa berupa pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Implementasi Pembelajaran PAI dalam mengembangkan kemandirian siswa di bagi menjadi tiga yaitu perencanaan diawal tahun pembelajaran, pelaksaan PAI yang membnagun kemandirian peserta didik, dan evaluasi dalam pembelajaran tersebut
Hasil dari penelitian penguatan sikap kemandirian belajar pada pembelajaran PAI di SMPIA 48 Samarinda. Faktor pendukung dari mengimplementasikan pembelajaran PAI dalam menumbuhkan kemandirian siswa di SMPIA 48 Samarinda implementasi PAI dibagi menjadi beberapa Faktor didalamnya pertama terdiri dari input yang berisi Raw Input (input masukan), Instrumental Input (Input Alat) seperti adanya lab alam yang berada di kampung tanguh, Environmental Input (Input lingkungan). Kedua ada proses terdiri dari Strategi dan model guru, kegiatan pembelejaran, kegiatan ekstrakurikuler, Pembiasaan, dan lingkungan. Ketiga ada Outcome yang terdiri dari religius, jujur, toleransi, disiplin, mandiri, komunikatif, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Faktor dari kemandirian belajar di SMPIA 48 Samarinda pada peserta didik dibagi menjadi tujuh, dimulai dari berinisiatif sendiri, mempunyai rasa percaya diri yang tinggi, mampu mengambil keputusan dalam masalah belajar yang di harapkan, bertanggung jawab, tidak bergantung pada orang lain, mempunyai perencanaan dalam belajar, dan yang terakhir ialah peran orang tua. Faktor pendukung dan penghambat implementasi PAI.