Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Film animasi Riko the Series
Abstract
ABSTRAK
Ariana Rahmawati, 2022. Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Film animasi Riko the Series. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs, H. Ahmad Riyadi, S.S, M. Hum selaku pembimbing I dan Ibu Juhairiah, M. Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah untuk mewariskan nilai-nilai pendidikan Islam yang sangat penting dalam pembentukan akhlak mulia generasi penerus bangsa. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam dalam film animasi Riko the series, keunikan dari film animasi Riko the Series adalah film animasi Riko the Series ini menjelaskan sesuai dengan petunjuk Al- Qur‟an, ceritanya dipenuhi dengan ragam cerita yang memotivasi dan penuh inspirasi. Film animasi Riko The Series pun atraktif memancarkan daya tarik petualangan tersendiri bagi anak-anak masa kini. Ditambah beberapa series sengaja dibuat dalam versi konten lagu Islami. Video tersebut diciptakan supaya anak-anak mudah memahami alam dan semesta ini dalam lantunan nada yang memiliki harmonisasi. Lagu yang dihadirkan terdengar sederhana dengan tema siapa yang menciptakan bumi, ayo shalat, sampai mengenal huruf hijaiyah. Kesatuan audio dan visual dalam Riko The Series otomatis membuat anak-anak yang menonton lebih mudah mengingat apa yang telah disampaikan dalam film animasi. Durasi 3sampai 15 menit setiap seriesnya selalu punya ilmu pengetahuan dan ilmu agama yang berjalan beriringan dengan dalil sejarah-sejarah yang relate sampai sekarang. Kemasan ringan membuat anak-anak Indonesia bisa lebih mudah menyerap ilmu dalam kehidupan. Kanal Youtube Riko The Series juga sudah punya playlist Murotal Anak. Dengan begitu anak-anak Indonesia bias menghafal sekaligus mengaji surat-surat pendek yang terdapat dalam Al- Qur‟an.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library research) yakni penelitian yang dilakukan dengan cara menganalisa film yang berjudul “Riko The Series”. Penelitian kajian pustaka yaitu penampilan argumentasi penalaran keilmuwan yang memaparkan hasil kajian pustaka dari hasil olah pikir peneliti mengenai suatu masalah yang berisi satu topic yang memuat beberapa gagasan yang berkaitan yang harus didukung oleh data yang diperoleh dari sumber pustaka.
Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah ditemukannya nilai-nilai pendidikan Islam sebanyak enam belas kategori yang di klasifikasikan menjadi tiga bagian yang pertama, nilai akidah meliputi mengagumi ciptaan Allah Swt., takut hanya kepada Allah swt, dan beriman kepada Rasul dengan menjalankan sunnahnya. kedua, nilai ibadah meliputi shalat, puasa, sedekah, berdoa, dan menghafal Al- Qur‟an. Ketiga, nilai akhlak meliputi bersyukur, bersabar, meminta maaf, mendengarkan nasihat orang tua, diwajibkan pakai tangan kanan, mengucap dan menjawab salam, tolong menolong dan sayangi lingkungan.