dc.description.abstract | ABSTRAK
Mardhatillah, 2022. “Hubungan Motivasi Belajar Tahfidzul Qur’an Dengan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits dan perilaku Religius Peserta Didik di SMP Islamic Center Samarinda”. Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. NurKholik Afandi, M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. H. Mukhtar Salam, Lc, MA selaku pembimbing II.
Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara diperoleh data bahwa SMP Islamic Center Samarinda merupakan sekolah yang menerapkan pembelajaran Tahfidz Qur‟an. Guru Tahfidz mengatakan walaupun setiap hari selalu diberikan motivasi dan diberi target hafalan, akan tetapi peserta didik masih kurang kesadaran untuk membaca Al-Qur‟an. Kebanyakan darimereka hanya membaca Al-Qur‟an saat pelajaran Tahfidz saja, sedangkan di rumah budaya membaca Al-Qur‟an masih kurang. Guru Tahfidz juga mengatakan “peserta didik yang hafalannya banyak pasti masuk 3 besar untuk peringkat” artinya pembelajaran Tahfidz Qur‟an tidak memberikan pengaruh negatif terhadap mata pelajaran lain. Saat observasi peneliti juga melihat setiap peserta didik yang berjalan melewati gurunya, selalu menunduk dan memberikan salam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan motivasi belajar Tahfidzul Qur‟an dengan prestasi belajar Al-Qur‟an Hadits dan perilaku religius peserta didik diSMP Islamic Center Samarinda
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 94 orang, terdiri dari seluruh kelas VIII dan XI SMP Islamic Center Samarinda, dikarenakan baru mamasuki tahun ajaran 2021/2022 semester ganjil, kelas VII belum ada indeks prestasinya. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah dari populasi terjangkau. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, nilai tes dan angket. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis statistik dengan menggunakan rumus correlation product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar Tahfidzul Qur‟an dengan prestasi belajar Al-Qur‟an Hadits dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,255 dan t tabel 1,66159 < 2,532 t hitung, sehingga Ha diterima. Maka berdasarkan pada tabel interpretasi keeratan hubungan antara variabel-variabel ini adalah rendah. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar Tahfidzul Qur‟an dengan perilaku religius dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,689 dan t tabel 1,66159 < 9.107 t hitung, sehingga Ha diterima. Maka berdasarkan pada tabel interpretasi keeratan hubungan antara variabel-variabel ini adalah kuat/tinggi. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar Tahfidzul Qur‟an dengan prestasi belajar Al-Qur‟an Hadits dan perilaku religius adalah sebesar 0,701, berdasarkan pada tabel interpretasi maka keeratan hubungan antara variabel-variabel ini adalah kuat/tinggi. | en_US |