Show simple item record

dc.contributor.authorLestari, Asti
dc.date.accessioned2020-04-05T13:17:41Z
dc.date.available2020-04-05T13:17:41Z
dc.date.issued2018-05-21
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/244
dc.description.abstractAsti Lestari, 2019. Pengaruh Penerapan Pembinaan Akhlak Terhadap Penanaman Karakter Siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darussalam Samarinda, Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Islam, Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs.Darwis, M.SI sebagai pembimbing I dan Bapak Abdul Razak, M.Pd sebagai pembimbing II. Akhlak dan karakter erat hubugannya. Karena setiap tindakan harus didasari pendidikan akhlak, agar hidup seseorang dapat terkontrol dan tidak semena-mena terhadap realita-realita lingkungan masyakat. Dalam hal ini, melalui kegiatan-kegiatan keagamaan dalam pembinaan akhlak di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darussalam sangat membantu siswa dalam pembentukan kepribadian yang religius, berakhlak mulia, bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembinaan akhlak terhadap penanaman karakter siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darussalam Samarinda. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa/i Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darussalam yang berjumlah 202 orang terdiri dari kelas VII sebanyak 45 orang, VIII sebanyak 79 orang dan IX sebanyak 78 orang. Sampel dalam penelitian berjumlah 134 orang yang di mana sampel di bagi menjadi tiga kelas diantarnya kelas VII sebanyak 30 orang, VIII sebanyak 52 orang, dan IX sebanyak 52 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling dan menentukan ukuran sampel menggunakan teknik slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner/angket, dokumentasi dan observasi. Dalam hal ini, data dianalisis dengan statistik deskriptif dengan menggunakan skala likert, rumus regresi linear sederhana dan kolerasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh penerapan pembinaan akhlak terhadap penanaman karakter peserta didik di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darussalam Samarinda yang menggunakan rumus regresi sederhana adalah berdasarkan perhitungan thitung diperoleh sebesar 4,100 sedangkan pada taraf signifikan 5%:2 = 0,025% dengan df = 131, maka diperoleh ttabel sebesar 1,978. Hal ini berarti jika thitung 4,100 > ttabel 1,978, maka Ho ditolak dan Hα diterima. dan dibuktikan juga melalui rumus korelasi product moment dengan hasil thitung sebesar 4,4645 dan ttabel sebesar 1,6564, hal tersebut thitung lebih besar dari ttabel atau thitung = 4,4645 > ttabel =1,6564. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis Hα diterima yang berbunyi “terdapat pengaruh antara penerapan pembinaan akhlak terhadap penanaman karakter peserta didik Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darussalam Samarinda dan besar pengaruhnya sebesar 0,336 yang berkategori lemah kerena nilai r berada diantara 0,20-0.399, Sedangkan pengaruh pererapan pembinaan akhlak terhadap penanaman karakter yaitu 11,29% dan sisanya 88,71% dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lainen_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectPENDIDIKAN KARAKTERen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Pembinaan Akhlak Terhadap Penanaman Karakter Siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darussalam Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record