Show simple item record

dc.contributor.authorRejita, Rejita
dc.date.accessioned2023-02-07T02:12:00Z
dc.date.available2023-02-07T02:12:00Z
dc.date.issued2022-09-28
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2453
dc.description.abstractABSTRAK Rejita, 2022. “Efektivitas Penerapan Pembelajaran Card Sort Terhadap Kemampuan Pemahaman Materi Asmaul Husna Al-Alim, Al-Khabir, Al-Sami’ dan Al-Basir pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bagi Siswa di SMPN 25 Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Darwis, M.Si dan Fathur Rahman, S.Si., M.Si. Latar belakang penelitian ini adalah beragamnya latar belakang siswa yang berasal dari berbagai kalangan, baik latar belakang lingkungan tempat tinggal maupun pendidikan orang tua. Selama pandemic, pembelajaran dilakukan dari rumah atau daring, dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong cukup baik. Akan tetapi, pada saat sekolah sudah mulai melaksanakan pembelajaran offline, terjadinya penurunan pada prestasi belajar siswa. Pembelajaran Card Sort ini membantu siswa memahami materi pelajaran dengan cepat. Karena dalam pembelajaran ini siswa tidak hanya mendengarkan penjelasan dari guru saja, tetapi siswa juga dapat belajar dari teman sekelompoknya. Tujuan dai penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran card sort terhadap kemampuan pemahaman siswa kelas VII pada mata pelajara PAI di SMPN 25 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan mengunakan metode eksperimen. Eksperimen digunakan untuk menjelaskan dan meramalkan yang akan terjadi pada siswa SMPN 25 Samarinda pada sampel kelas VIIA sebagai kelas control dan kelas VIID sebagai kelas eksperimen suatu variabel apabila diberikan suatu perlakuan tertentu pada variabel lainnya. Jenis desain yang digunakan adalah pre-test post-test control group design. Sebagian besar setelah dilakukannya penelitian, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikansi setelah menggunakan pembelajaran card sort ini. Hasil belajar siswa pada saat post-test atau sesudah diberi perlakuan (treatment) dengan menerapkan pembelajaran card sort. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan diperoleh bahwa nilai rata-rata pre-test pada kelas control adalah 30,50 dan post-test 57,00. Sedangkan pre-test pada kelas eksperimen adalah 46,19 dan post-test 67,62. Artinya terdapat peningkatan hasil belajar, maka dapat disimpulkan bahwa adanya efektivitas pemahaman materi sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran card sort. Dengan dimikian, hipotesis yang diajukan dinyatakan diterima bahwa terdapat efektivitas penerapan pembelajaran card sort terhadap kemampuan pemahaman materi asmaul husna al-alim, al-khabir, as-sami’ dan al-basir pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti bagi siswa di SMPN 25 Samarindaen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPembelajaran Card Sort, Terhadap Materi Asmaul Husna Al-Alim, Al-Khabir, Al-Sami’ dan Al-Basiren_US
dc.titleEfektivitas Penerapan Pembelajaran Card Sort Terhadap Kemampuan Pemahaman Materi Asmaul Husna Al-Alim, Al-Khabir, Al-Sami’ dan Al-Basir pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bagi Siswa di SMPN 25 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record