Pengaruh Metode Team Quiz Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII di MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Syuhada, 2022, ―Pengaruh Metode Team Quiz Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII di MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda‖. Skripsi program studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dra. Etty Nurbayani,M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Agus Setiawan, M.Pd.I selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa perlunya melakukan variasi dalam penggunaan metode pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) yang memiliki materi lebih banyak pada materi factual (cerita sejarah). Guru Seajarah Kebudayaan Islam (SKI) pada beberapa materi menggunakan metode Team Quiz untuk meningkatkan minat belajar siswa. Maka tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui seberapa besar pengaruh metode Team Quiz terhadap minat belajar siswa di MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh penggunaan metode team quiz terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-Mujahidin 2 Samarinda.
Jenis Penelitian yang digunakan menggunakan metode penelitian kuantitatif dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey research. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 63 Siswa, terdiri dari 33 siswa perempuan dan 30 siswa laki-laki. Peneliti melakukan uji validitas menggunakan kelas VIII D di Madrasah Tsanawiyah Al-Misra yang berjumlah 33 siswa/i. Dan peneliti menyebarkan angket penelitian menggunakan siswa kelas VIII A dan B di Madrasah Tsanawiyah Al-Mujahidin 2 Samarinda yang total keseluruhan berjumalah 63 siswa. Dari kelas VIII A berjumlah sebanyak 28 siswa dan VIII B dengan jumlah sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji Prasyarat peneliti menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, dan uji linieritas regresi. Teknik analisis data menggunakan regresi sederhana dan hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode Team Quiz terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah AlMujahidin 2 Samarinda sebesar 0,710. Dengan Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima dengan nilai thitung sebesar 61,880 < 3.99 Ftabel. Maka demikian dapat disimpulkan bahwa Ha penelitian ini diterima, yaitu ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode team quiz terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-Mujahidin 2 Samarinda. Namun pengaruh signifikan yang terbukti dalam penelitian ini terbilang kuat.