Hubungan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa SMP Negeri 21 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Andri Wardana Putra, 2022. “Hubungan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa SMP Negeri 21 Samarinda.” Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Robingatin, M.Ag sebagai pembimbing I dan Dr. Hj. Fathul Janah, M.SI sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan istimewa manusia yang dikaruniakan Allah SWT berupa akal dan kecerdasan yang memiliki 3 varian yaitu kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Ketiga kecerdasan tersebut memiliki peran dalam bidang pendidikan, dengan adanya kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual yang tinggi seseorang dapat mengendalikan potensi intelektualnya sehingga dapat meraih keberhasilan yang lebih bermakna dalam hal ini siswa mampu meraih prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) mengidentifikasi tingkat kecerdasan emosional siswa SMP 21 Samarinda (2) mengidentifikasi tingkat kecerdasan spiritual siswa SMP 21 Samarinda (3) mengidentifikasi prestasi belajar PAI siswa SMP 21 Samarinda. (4) hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti siswa SMP Negeri 21 Samarinda; (5) hubungan kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti siswa SMP Negeri 21 Samarinda; dan (6) hubungan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti siswa SMP Negeri 21 Samarinda.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 21 Samarinda yang beragama Islam yang berjumlah 860 orang. Tekhnik yang digunakan dalam menentukan sampel adalah dengan menggunakan rumus Slovin dengan batas kesalahan 10% sehingga didapatkan sampel sebanyak 90 orang. Adapun tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dan uji korelasi ganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tingkat rata-rata kecerdasan emosional siswa di SMP Negeri 21 Samarinda tinggi yaitu sebesar 56,12; (2) tingkat rata-rata kecerdasan spiritual sangat tinggi yaitu sebesar 63,80; (3) tingkat rata-rata prestasi siswa sangat tinggi yaitu sebesar 91,10; (4 Kecerdasan emosional memiliki hubungan yang kuat dan signifikan dengan prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti siswa SMP Negeri 21 Samarinda yaitu sebesar 0,610, sehingga hipotesis diterima dengan tingkat hubungannya yaitu kuat; (5) Kecerdasan spiritual memiliki hubungan yang kuat dan signifikan sebesar 0,784, sehingga hipotesis diterima dengan tingkat hubungannya yaitu kuat; (6) Kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual memiliki hubungan yang sangat kuat dan signifikan sebesar 0,820, sehingga hipotesis diterima dengan tingkat hubungannya yaitu sangat kuat.