dc.description.abstract | ABSTRAK
Baharudin, 2022. “Pengaruh Media Audio Visual Dan Sumber Belajar Digital Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa SMK Geologi Pertambangan Tenggarong”. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Khojir, M.SI. sebagai pembimbing I dan Dr. Hj. Abnan Pancasilawati, M.Ag sebagai pembimbing II.
Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang ditemui saat observasi awal, di mana hasil observasi menunjukkan tingkat rendahnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI di SMK Geologi Pertambangan Tenggarong. Sehingga perlu adanya stimulus dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Untuk menumbuhkan minat dan motivasi tersebut, maka diperlukan media pembelajaran yang menarik, yaitu media pembelajaran berbasis Audio Visual dan Sumber Belajar digital. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Media Audio Visual dan Sumber Belajar Digital terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMK Geologi Pertambangan Tenggarong.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Geologi Pertambangan Tenggarong sebanyak 60 siswa yang ditentukan berdasarkan jumlahnya tidak lebih besar dari 100 orang. Penelitian ini menggunakan sampling sistematis dalam pengambilan sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket, wawancara, observasi dan tes. Penelitian melaksanakan uji prasyarat dengan metode angket untuk kemudian data tersebut dianalisis menggunakan aplikasi SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, 2) terdapat pengaruh penggunaan sumber belajar digital terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. 3) terdapat pengaruh antara media audio visual dan sumber belajar digital terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi ganda diperoleh nilai hasil pengujian menggunakan analisis parsial menunjukan bahwa nilai signifikansi 2,463 lebih besar dari 0,05 sehingga hipotesis diterima dengan tingkat pengaruhnya kuat dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh X1 terhadap y. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi ganda diperoleh nilai hasil pengujian menggunakan analisis parsial tersebut menunjukan bahwa memiliki nilai signifikansi 2,158 lebih besar dari 0,05 sehingga hipotesis diterima dengan tingkat pengaruhnya kuat dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh X2 terhadap y. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi ganda diperoeleh nilai hasil pengujian menggunakan analisis simultan tersebut menunjukan bahwa memiliki nilai signifikansi 68,971 lebih besar dari 0,05 sehingga hipotesis diterima dengan tingkat pengaruhnya sangat kuat dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh X1 dan X2 terhadap Y. | en_US |