Hubungan Kerjasama Antara Guru dan Orang tua dengan penerapan Karakter Disiplin siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MI At Taufiq Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Indah Miftahul Jannah, 2022. “Hubungan Kerjasama Antara Guru dan Orang tua dengan penerapan Karakter Disiplin siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MI At Taufiq Samarinda”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Husni Idris, S.Ag., M.Pd selaku Dosen Pembimbing I dan Yunita Noor Azizah, M.Pd. selaku Dosen Pembimbing II.
MI At-Taufiq Samarinda merupakan sekolah swasta yang berbasis keagamaan di kota samarinda. MI At Taufiq Samarinda merupakan sekolah yang juga sangat memperhatikan penerapan kedisiplinan disekolah yang lulusannya diharapkan terampil, koperhensip dan berkopetensi dalam bidangnya. Berdasarkan data observasi yang dilakukan peneliti pada 27 Mei 2022 diketaui bahwa guru di MI At-Taufiq sangat mengedepankan kedisiplinan. Dalam menumbuhkan karakter disiplin siswa guru mengajak orang tua untuk bekerjasama. Guru dan orang tua memiliki grup khusus dalam memantau siswa dan memiliki waktu khusus untuk bertemu dan berkumpul dalam membahas permasalahan siswa. Meskipun kadang ada saja orang tua siswa yang tidak datang dalam kegiatan tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu Untuk Mengetahui Hubungan Kerjasama Antara Guru dan Orang Tua dengan Penerapan Karakter Disiplin Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MI At-Taufiq Samarinda.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif merupakan salah satu jenis penelitian yang bertujuan mendeskripsikan secara sistematis, factual, dan akurat mengenai fakta dan sifat populasi tertentu.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh dari analisis data, didapatkan nilai t hitung 3,434 > t tabel 1,659 dan signifikasi sebesar 0.002 yaitu nilai signifikasi lebih kecil dari 0.05 (0.002<0.05) artinya bahwa H01 ditolak dan Ha1 diterima, maka secara parsial variabel kerjasama guru berhubungan signifikan terhadap variabel penerapan karakter. Nilai t itung 2,811 > t tabel 1,659 dan signifikasi sebesar 0.000 yaitu nilai signifikasi lebih kecil dari 0.05 (0.000<0.05) artinya bahwa H02 ditolak dan Ha2 diterima, maka secara parsial variabel kerjasama orang tua berhubungan signifikan terhadap variabel penerapan karakter disiplin. Sebagai salah satu faktor yang berkaitan dengan pengembangan disiplin anak adalah kerjasama yang dilakukan oleh orang tua dan guru, dengan adanya hubungan kerjasama yang dilakukan oleh orang tua dan guru dapat mengarahkan pembentukan perilaku disiplin anak sebab pembentukan disiplin yang akan dilakukan di sekolah dan di rumah sejalan sebab orang tua dan guru mendiskusikan hal – hal apa saja yang boleh dan yang tidak boleh dilakukan oleh anak.