dc.description.abstract | Masita Gunadi, Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 tahun di TK Darul Falah Ponpes Lempake Samarinda Utara. Dibawah bimbingan Ibu Lina Revilla Malik, M.Si dan Ibu Sunanik, M.Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah perkembangan berbicara anak usia dini taman kanak-kanak memang masih jauh dari sempurna. Namun demikian potensinya dapat dirangsang lewat komunikasi yang aktif dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar. kualitas bahasa yang digunakan orang-orang yang dekat dengan anak-anak akan mempengaruhi keterampilan anak dalam berbicara. Di taman kanak-kanak, guru merupakan salah seorang yang dapat mempengaruhi perkembangan berbicara anak. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja upaya dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun dan faktor apa saja yang menghambat dan pendukung dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, lokasi penelitian di Taman Kanak-kanak Darul Falah Ponpes, dengan alamat jalan Sukorejo RT 39 Lempake Samarinda Utara. Sumber data penelitian adalah peserta didik kelas A dan guru kelas A serta kepala TK Darul Falah Ponpes. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa adalah pengumpulan data, reduksi data, display data dan verifikasi dan penegesan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian upaya meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK Darul Falah Ponpes dengan (1) membangun interaksi yang nyaman, menyenangkan dan memotivasi, (2) menggunakan metode yang efektif dalam menstimulus kemampuan berbicara anak, (3) memanfaatkan sentra bermain peran untuk menstimulus kemampuan anak berbicara dan (4) melakukan kunjungan luar sekolah. Sedangkan faktor penghambat adalah lingkungan, kepribadian dan kurangnya bersosialisasi anak itu sendiri serta minimnya fasilitas sekolah. Faktor pendukung adanya kompetensi guru dan media. | en_US |