Implementasi Nilai-Nilai Ahlussunah Wal Jama'ah Di Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif Nahdatul Ulama 003 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Siti Aminah, 2019 Implementasi Nilai-Nilai Ahlussunah Wal Jama’ah di
Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 003 Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Noorthaibah, M.Ag dan
Muhammad Iwan Abdi, M.SI.
Latar belakang penelitian ini, bahwa di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 003
Samarinda terdapat penanaman tradisi-tradisi dan nilai-nilai yang baik, selain itu juga
melaksanakan kegiatan-kegiatan sekolah yang lebih mengedepankan pembentukan
karakter peserta didik yang telah ditanamkan sejak usia dini sesuai ajaran al-Qur’an
dan Hadits. Agar peserta didik dapat menjadi manusia yang memiliki akhlak mulia di
masa mendatang, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi
nilai-nilai Aswaja dalam pembelajaran siswa di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 003
Samarinda.
Jenis penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif, artinya penulis
menggambarkan dan memberikan penjelasan dengan cara memberikan beberapa
uraian dan penafsiran, dengan melakukan wawancara kepada Kepala Madrasah, dan
Guru-guru Madrasah, di MI Ma’arif NU 003 Samarinda Kalimantan Timur, Melalui
teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif
NU 003 Samarinda menekankan kepada cerminan nilai-nilai Aswaja yang
diwujudkan melalui pembekalan teori ke-NUan, aktifitas amaliyah, dan pengajaran
akhlakul karimah. Dengan demikian implementasi nilai-nilai Aswaja dalam
pembelajaran tidak hanya bersifat teoritis tetapi juga aplikatif. Berikut nilai-nilai yang
sudah diterapkan di MI Ma’arif NU 003 Samarinda ialah, nilai tawasuth, tasamuh,
tawazun, dan ta’adul.