Implementasi Program Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Yayasan Pendidikan Prima Swarga Bara Sangatta
Abstract
ABSTRAK
Andi Muhammad Fauzan Razak, 2022. “Implementasi Program Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Yayasan Pendidikan Prima Swarga Bara Sangatta”. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Khojir, M.SI, sebagai Pembimbing I dan Dr. Nur Kholik Afandi S.Ag., M.Pd, sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah sebagai lembaga pendidikan yang bertanggungjawab mencerdaskan anak bangsa, SD YPPSB Sangatta dituntut untuk menerapkan program literasi yang ditetapkan oleh pemerintah guna meningkatkan kecakapan membaca dan menulis serta dalam membentuk karakter siswa agar memiliki budi pekerti yang baik. Salah satu wujud dalam menggapai hal tersebut dengan mengimplementasikan program literasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan hal tersebut, tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui implementasi program literasi di SD YPPSB Sangatta; (2) Untuk mengetahui faktor pendukung implementasi program literasi di SD YPPSB Sangatta; (3) Untuk mengetahui faktor penghambat implementasi program literasi di SD YPPSB Sangatta.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan Fenomenologi Sosiologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, melalui tiga tahap, yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data Perpanjangan Keikutsertaan, Ketekunan pengamatan, dan Triangulasi
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (a). Implementasi Program literasi pada pembelajaran PAI di SD YPPSB Sangatta berupa program membaca 10-15 menit sebelum pembelajaran dimulai dan membaca al-Qur’an, program wajib kunjungan ke perpustakaan dan pemberikan reward, mengadakan lomba literasi, dan membuat tulisan dengan karangan sendiri. Melalui program ini, kualitas siswa mengalami peningkatan, terutama pada keatifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Siswa cenderung lebih aktif dalam membaca, lebih konsentrasi dalam menyimak serta lebih mampu untuk menyampaikan pendapat. Dalam hal menulis, peningkatan kemampuan siswa dapat dilihat dari keberhasilan siswa dalam membuat karya dan keberhasilan sekolah dalam melahirkan penghapal al-Qur’an melalui kegiatan bina cinta Tuhan. (b) Faktor pendukung implementasi program literasi pada SD YPPSB Sangatta, yaitu adanya fasilitas dan pelayanan yang baik dari perpustakaan, ketersediaan media pembelajaran, adanya dukungan dari yayasan, dan kepemimpinan sekolah yang baik dalam penerapan literasi. (c) Faktor penghambat implementasi program literasi pada SD YPPSB Sangatta adalah terjadinya pandemic covid-19, ketersediaan buku-buku keagaman yang masih perlu ditingkatkan, minat baca yang masih kurang dari siswa penggunaan gadget yang berlebihan, dan motivasi pribadi masing-masing siswa dalam menerapkan literasi