Pemanfaatan Media Pembelajaran oleh Guru pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Darul Falah I Samarinda
Abstract
Setiawan, NIM. 1811101321, Jurusan Pendidikan Islam Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI), “Pemanfaatan Media Pembelajaran oleh Guru pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Darul Falah I Samarinda”. Skripsi ini dibawah bimbingan bapak Muhammad Iwan Abdi, M.SI, selaku pembimbing I dan bapak Fathur Rahman S.Si,.M.Si, selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran yang digunakan oleh guru pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Darul Falah I Samarinda. Hal ini dilatarbelakangi oleh lemahnya proses pembelajaran dalam pendidikan sedangkan proses pembelajaran sangat membutuhkan media pembelajaran. Jadi penting untuk melihat peran guru dalam memanfaatkan media pembelajaran yang ada.
Penelitian ini merupakan studi deskriptif analitik menggunakan pola pikir induktif untuk menganalisa data kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi terhadap profil Madrasah Ibtiaiyah Darul Falah I Samarinda, data empiris diperoleh dengan wawancara dan observasi untuk mengetahui kemampuan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Darul Falah I Samarinda.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa Madrasah Ibtidaiyah Darul Falah I Samarinda menerapkan beberapa media pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Guru telah memilih media pembelajaran yang tepat untuk mata pelajaran Aqidah Akhlak berupa media gambar, poster dan card sort. Diawali dengan persiapan atau merencanakan media pembelajaran yang akan digunakan, banyak pertimbangan yang dilakukan oleh guru mata pelajaran Aqidah Akhlak. Yaitu harus memenuhi karakteristik siswa, keadaan lingkungan, dan jenis rangsangan yang diinginkan. Selanjutnya mengoperasionalkan media dalam pembelajaran.Untuk media berupa gambar, siswa diminta untuk mengamati gambar yang diberikan kemudian dianalisis sesuai pengamatan siswa. Setelah diaplikasikan saatnya media yang digunakan dievaluasi tentang penggunaannya pada mata pelajaran yang diberikan. Setelah media pembelajaran diberikan kepada siswa tentu guru melihat respon yang dihasilkan pada setiap media pembelajaran yang diberikan oleh masing-masing guru. Hal ini yang menjadi acuan para guru dalam mengevaluasi media pembelajaran yang telah digunakan.Dari beberapa media pembelajaran yang diberikan tentu ada kelebihan dan kelemahan masingmasing. Kelebihannya adalah siswa lebih tertarik untuk memperhatikan kemudian mengamati dalam bentuk gambar yang diberikan. Siswa lebih aktif dan kreatifdalam menjabarkan pendapatnya masing-masing. Sedangkan yang menjadi kelemahan yaitu kurangnya waktu dalam mencari refrensi gambar yang akan diberikan kepada siswa. Tingkatkan lagi kemampuan dalam memanfaatkan dan mengolah media yang benarbenar dibutuhkan oleh siswa. Menyusun rencana pembelajaran yang dapat menarikminat siswa dalam proses pembelajaran. Serta semangat para guru untuk terus belajar diharapkan dapat meningkatkan manfaat media pembelajaran untuk proses pembelajaran.