View Item 
  •   Repository Home
  • Laporan Penelitian
  • Laporan Penelitian
  • View Item
  •   Repository Home
  • Laporan Penelitian
  • Laporan Penelitian
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Implementasi Islamic Marketing Ethics Pada Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif UMKM di Kalimantan Timur

Thumbnail
View/Open
Implementasi Islamic Marketing Ethics.pdf (4.452Mb)
Date
2022-11-15
Author
Norvadewi, Norvadewi
Zaroni, Akhmad N.
Metadata
Show full item record
Abstract
Perkembangan era digital saat ini memaksa pelaku usaha untuk beradaptasi dan berubah sehingga pengusaha beralih ke bisnis online dan digital, terutama dalam pemasaran, penyediaan, dan pengiriman produk yang dijual. Pengusaha muslim harus memperhatikan etika dalam kegiatan usahanya sehingga kegiatan pemasaran dan promosi usaha yang dilakukan secara digital harus selaras dengan nilai-nilai dan prinsip-prinsip etika bisnis dalam Islam. Penelitian kualitatif ini berusaha menggambarkan bagaimana pemasaran digital UMKM dan nilai-nilai etika bisnis diterapkan dan bagaimana dampaknya meningkatkan keunggulan kompetitif UMKM di Kalimantan Timur. Penelitian dilakukan terhadap 24 UMKM di berbagai bidang usaha. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara yang dilakukan dengan pelaku UMKM dan beberapa konsumen; Selain itu, data juga didukung dengan observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman secara kualitatif. Hasil penelitian menemukan: 1) berbagai bentuk digital marketing yang digunakan UMKM adalah Facebook, WhatsApp, Instagram, Gojek, Grab, dan Shopee, 2) Penerapan Etika Pemasaran Islami kepada pengusaha UMKM telah dilakukan dengan bersikap ramah kepada pembeli secara offline dan online, jujur (Siddiq) terhadap produk yang dipasarkan, dan tidak ada mandat penipuan dalam pengiriman produk (Amanah), 3) Menerapkan etika pemasaran Islami pada digital marketing membuat perkembangan bisnis dengan peningkatan penjualan, relasi dan dapat meningkatkan daya saing bisnis. Kata Kunci: Islamic Marketing Ethics, Pemasaran Digital, Keunggulan Kompetitif.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2649
Collections
  • Laporan Penelitian [47]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV