Paradigma Baru Assessment Bahasa Arab di Indonesia: Konvensional Menuju Digital
Date
2022-12Author
Fattah, Mustamin
Rahman, Nur Fuadi
Editor, Edy Murdani
Metadata
Show full item recordAbstract
Buku ini merupakan hasil renungan sekaligus menjawab keprihatinan lambannya perkembangan evaluasi dalam bahasa Arab. Oleh karena itu, buku ini berusaha menghadirkan sebuah konsep yang lebih aplikatif dalam rangka mencari model assessment yang efektif dan efisien dalam pembelajaran bahasa Arab, dan bagaimana upaya beranjak dari sistem konvensional ke digital.Begitu masifnya perkembangan digital assessment, sayangnya tidak berbanding lurus dengan assessment dalam pembelajaran bahasa Arab. Paradigma assessment berbasis kertas masih banyak ditemui di berbagai lembaga pendidikan. Assessment bahasa Arab tergolong masih konvensional. Assessment konvensional berbasis paper based assessment masih menjadi primadona pengajar dalam proses evaluasi pembelajaran bahasa Arab, bisa dikatakan mayoritas proses assessment bahasa Arab di Indonesia masih konvensional, dan faktanya memang benar bahwa proses assessment bahasa Arab umumnya masih tergolong konvensional. Paradigma evaluasi konvensional masih disukai banyak pengajar bahasa Arab. Hal ini dikarenakan pembelajaran bahasa Arab yang terfokus pada membaca, menulis, kosakata. Maka kiranya diperlukan inovasi dari segi evaluasi pembelajaran bahasa Arab yang menggunakan sistem digital atau teknologi. Paradigma Baru Assessment Bahasa Arab di Indonesia Meskipun demikian, lambat laun paradigma assessment bahasa Arab mulai bergeser, meskipun tidak masif assessment bahasa Arab yang konvensional mulai bertransformasi ke digital assessment, pesatnya perkembangan teknologi membuat dan pengaruh dari revolusi industri 4.0, beberapa Institusi Pendidikan Tinggi Islam mulai mengembangkan assessment bahasa Arab ke Arab digital, meskipun masih terbatas dan tidak masif implementasinya.Buku ini disajikan dalam enam bab, di mana setiap babnya disertai dengan beberapa subbab penjelasan.
Buku ini secara sistematis coba disusun sebagai acuan bagi para mahasiswa, guru, praktisi maupun peneliti yang concern pada aktivitas pembelajaran dan evaluasinya. Secara umum buku ini menyajikan berbagai konsep teoritik dan praktis assessment konvensional dan digital, transformasi assessment bahasa Arab di Indonesia, dan buku ini berusaha memaparkan potensi dan tantangan pengembangan digital assessment bahasa Arab.