Show simple item record

dc.contributor.authorMasruddin, Masruddin
dc.contributor.authorIdris, Husni
dc.date.accessioned2023-04-13T00:37:21Z
dc.date.available2023-04-13T00:37:21Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2714
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan pembelajaran blended learning yang layak berdasarkan kebutuhan pembelajaran dan kebutuhan target mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Palopo dan IAIN Manado dalam belajar bahasa Inggris. Rumusan Masalah penelitian ini yaitu: Bagaimana bahan ajar blended learning yang sesuai dan layak berdasarkan kebutuhan pembelajaran dan kebutuhan target mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Palopo dan IAIN Manado dalam belajar bahasa Inggris?. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dilakukan dengan menggunakan model desain ADDIE yaitu Analyze (Need Analysis), Design, Develop, Implement, Evaluate yang telah dimodifikasi dengan model desain pendekatan pembelajaran ESP yang dikemukakan oleh Hutchinson dan Waters (2008). Model ini telah disederhanakan menjadi proses desain terdiri 6 proses: Analisis kebutuhan, pengembangan materi, validasi ahli, revisi produk, uji coba produk, dan produk akhir. Berikut disajikan tabel prosedur pengembangan materi bahan ajar bahasa Inggris untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam di IAIN Palopo dan IAIN Manado. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan melalui kuesioner dan wawancara maka bahan ajar yang dikembangkan adalah berupa buku bahan ajar blended learning Bahasa Inggris untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Palopo dan IAIN Manado, yang terdiri dari dua unit, yaitu: Islamic Education in Indonesia Today dan Interpretation of the Qur’an. Setiap unit yang dikembangkan pada bahan ajar bahasa Inggris untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Palopo dan IAIN Manado ini mempunyai kerangka dan susunan yang sama, yaitu buku bahan ajar ini disusun berdasarkan hasil analisis kebutuhan mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Palopo dan IAIN Manado. Pengajaran blended learning yang direkomendasikan berdasarkan hasil uji coba dan dilakukan wawancara setelahnya adalah bahwa untuk pembelajaran online mereka dapat mengetahui tugas dan memasukkan hasil tugas mereka melalui online dan mereka dapat mengakses materi melalui google classroom yang telah dibuat oleh tim peneliti dan dapat membacanya secara offline. Tugas dapat berupa unggahan dokumen maupun video. Untuk pemebelajaran face to face , dosen dan mahasiswa dapat berinteraksi di dalam kelas dalam membahas tugas yang dikerjakan serta menjalankan beberapa aktivitas komunikasi dalam bentuk diskusi dan praktek langsung dalam bahasa Inggris Kata Kunci: Blended Learning, English for Specific Purpose, Islamic Educationen_US
dc.publisherIAIN Palopoen_US
dc.subjectBAHASA INGGRISen_US
dc.titlePengembangan Materi Blended Learning (BL) Mata Kuliah Bahasa Inggris yang berbasis English for Specific Purpose (ESP) untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam di IAIN Palopo dan IAIN Manadoen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record